CARA MEMBUAT BAKSO BIAR KRESS

Sumber foto: bengkelbakso.com
CARA MEMBUAT BAKSO BIAR KRESS memang gampang gampang susah, CARA MEMBUAT BAKSO BIAR KRESS memang dicari oleh pembuat bakso, lantas bagaimana CARA MEMBUAT BAKSO BIAR KRESS?

Untuk menjawab CARA MEMBUAT BAKSO BIAR KRESS memang mesti lewat percobaan percobaan yang sistematis dan terukur. Bagi pemula mungkin agak susah untuk membuat BAKSO YANG KRESS, tapi jangan mudah putus asa, karena modal utama untuk membuat BAKSO BIAR KRESS adalah kegigihan kita untuk bereksperimen dan mencatat apa yang telah kita eksperimenkan.

Biasanya pembuat bakso sudah bisa mendapat tekstur kenyal karena sudah memakai pengenyal, tetapi tektur kress nya yang belum dapat dicapai.
Selain prosentase daging dalam adonan yang cukup tinggi, pemilihan daging yang berkualitas juga sangat berpengaruh, sebisa mungkin preparasi dagingnya sebelum digiling, dengan cara membuang bagian lemak dan urat yang keras.
Lama waktu mengadon dan penambahan es, juga sangat berpengaruh terhadap tekstur bakso. Banyak es yang ditambahkan sangat berpengaruh.  adonan akan menjadi encer dan susah untuk dicetak, tetapi hasilnya biasanya kenyal dan kressnya timbul.
Mesin penggiling dan mixer pencampur adonan juga mempunyai andil yang besar dalam pembuatan bakso, biasanya menyangkut setingan mesin dan putaran mesin. Mesin  bakso yang setingan mesinnya kurang baik, produk baksopun jadi kurang optimal. Ciri-ciri mesin bakso yang kurang bagus, biasanya timbul panas berlebih dan tanpa sadar operator membutuh es dalam jumlah yang banyak untuk menutup panas mesinnya.
Selain itu, hasil adonan kurang halus dan lembut, hal ini disebabkan jarak antara pemukul dan permukaan wajan untuk mengadon terlampau jauh, untuk mengatasinya mesin tersebut perlu seting ulang.
Untuk mendapatkan tekstur kenyal dan kress ternyata rumit  juga ya. hehehe
Jangan putus asa, terus mencoba.......


Ditulis oleh www.bengkelbakso.com 

ARTIKEL ARTIKEL TERKAIT :



" Jika Anda ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Anda, mohon cantumkan sumber tulisan dari GUNAWAN BENGKEL BAKSO dan link aktif menuju artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut "
 


Comments

Unknown said…
setuju pak,komposisi daging dan tepung yang berpengaruh.biasanya kalau para penjual bakso seperti saya menggunakan komposisi 1 kg daging dengan 1 ons tepung,dan daging yang halus atau basa Pekalongannya silap.selain membuat bakso jadi kress juga lebih halus kalau dicetak dan soal rasa masih enak walau sudah 2 hari tanpa difreezer
suryono said…
membuat bakso biar kres dan kenyal emang membutuhkan ketlatenan ulet sabar dalam melakukan experimen pak gun.....product saya sebenarnya udah kres pak gun..tapi karena saya belum puas dgn hasilnya...makanya saya sharing ma pak gun..siapa tau hasilnya bisa lebih bagus....eealah..ternyata benar...hehehehhe....makasih pak gun...atas kiriman sampel phosmix maupun tepung Tjnya ke denpasar....
tinggal sampel bakso saya yg belum nyampe di tempat pak gun...hehehehe
bengkel bakso said…
Mas Suryono adalah seorang yg sudah punya nama besar dibidang bakso di Bali, saya bangga dan mendoakan, produk bakso mas suryono semakin enak, berkualitas dan digemari. Ngomong soal bakso yg mau di kirim ke solo, tak tunggu lho mas, ojo lali
Unknown said…
Hola Pak Gun...Alhamdulillah..bakso saya (kata suami saya sih) sdh kenyal, kress juga, padat.Trus bisa di sobek tapi dalamnya kok seperti ada lubang2nya ya???komposisi 85% daging.
bengkel bakso said…
halo juga bu ida di bontang , selamat sdh bisa bikin bakso:-)
Utk bakso berongga itu gas atau balon udara yg terperangkap dalam adonan bakso, no problem....kapan buka warung baksonya?
OTNASEOS said…
salam kenal pak gun, sy msh coba2 dlm membuat bakso. sy mau tanya, sebaiknya komposisi daging dan tepung yg pas berapa ya pak untuk menghasilkan bakso yg kenyal dan enak..sy bermaksud untuk jualan bakso di surabaya & sy merencanakan menjual bakso perposinya Rp.6000,-/mangkok. makasih pak buat infonya.
bengkel bakso said…
karena sudah di tentukan segmen pasarnya semangkok 6000, maka bakso yang sesuai yaitu kelas menengah, antara 65-75% kandungan dagingnya.
semoga bermanfaat
Laga rastafara said…
Pak Gun yg Kece, ane mau nanya nih,

saya Jualan Pentol,
nah kalau menyimpan Adonan Pentol di kulkas itu bertahan berapa hari ya pak??,

kalau dalam suhu kamar bertahan berapa hari juga pak??

soalnya saya gag punya kulkas,, bagi tips nya pak,,

Matursuwun sak derenge.
bengkel bakso said…
Sebaiknya adonanan sgr di buat pentol, krn dalam bentuk adonan kurang tahan lama, walaupun dalam kulkas sekalipun. rawan kontaminasi.
smg membantu
Baso.Usa said…
Halo Pak Gun.. saya tinggal di amerika dan ingin belajar membuat baso dan ingin tau kalo mau membeli Phosmix MP apa translasinya di bahasa inggris?
Anonymous said…
Oom Gun...kalo komposisi dagingnya 80% keatas berarti bisa dibikin sosis donk yaa?

tinggal dibungkus casing..diasapkan..jadi deh sosis...

mohon pencerahannya...makasih Oom
bengkel bakso said…
untuk yg di usa, ada beberapa pengenyal produksi thailand dan china yg sering di jual di amrik. traslasinya apa ya phosmix mp, karena itu adalah merek, coba cari saja sodium tripoly phospat, barangkali ada di amrik.
semoga membantu
bengkel bakso said…
sosis emang hampir sama dgn bakso. bedanya paling ditepungnya. sosis biasanya pakai isp,sedangkan bakso pakai tepung tapioka atau sagu cukup.
cara menghaluskan adonannya juga agak beda. sosis halus sekali teksturnya....bakso teksturnya agak berserat
Safrudin said…
Pak Gun saya sedang belajar membuat bakso. Saya pakai komposisi daging : tepung = 4:1. Tung yang sudah saya coba tapioka dan sagu. Tapi saya merasa belum pas dengan tekstur bakso setelah jadi. Bakso cenderung kasar tekstur kulit luarnya, tidak seperti bakso2 yang dijual di luaran yang halus. Kenapa ya pak?
bengkel bakso said…
Terimakasih sdh mampir di blog bengkelbakso.com, bakso yang kulit luarnya kasar, kemungkinannya :
1. adonan memang nggak jadi, krn protein daging kepanasan dan rusak. Ini menyangkut seting mesin dan es.
2. Banyak terdapat lemak yang ikut pada adonan, sehingga dipermukaan ada semacam bintik bintik kasar berwarna putih.
3. kebanyakan daging jenis urat, sehingga permukaan bakso tdk bisa halus.
semoga jawaban saya bermanfaat.
terimakasih
p.gun
Unknown said…
salam kenal p.gun,bkso sy knyal,tp krang kress,dging 85%.mhon sarannya p.gun.maturnuwun
by.mas eko makassar.
Anonymous said…
mau tanya om, dalam pembuatan baso besar, susah sekali untuk keras dan kress, padahal kalu di bikin yg kecil hasil bagus, karena saya satu adonan dalam pembuatan bakso kecil dan bakso besar.
afin said…
asslmalkm pak Gun...saya pegen belajar buat bakso yang kress, tp apa ada tutorial dari email, untuk pembayaran berapa pak gun, trimakash
bengkel bakso said…
Membuat bakso diameter kecil maupun besar sama saja, tergantung kebiasaan, bila sdh biasa yg jadi bagus:-)
Untuk yg ingin belajar,
Silahkan telpon langsung ya. Trims
Unknown said…
Pakgun mohon tutorialnya supaya bs bikin bakso keras tidak lembek
Anonymous said…
pak gun..saya mw tanya untuk pembuatan bakso ikan dan jamur bagaimana yaa?
Apa sama dengan bakso daging?
bengkel bakso said…
untuk evi : membuat bakso yang keras atau padat, kapa kapan akan saya tulis artikelnya.

untuk bakso Jamur atau ikan, prinsip membuatnya sama, cuma beda bahannya saja.
Anonymous said…
pa gun saya buat baso dengan perbandingan daging 2 kg tepung nya 1,5 kg . apakah sudah benar ? saya jual rp 5000/ porsi .
klo kurang tepat bagaimana baik nya ??

terus untuk kuah baso yang enak itu gmn cara buat nya !?
terima kasih :)
bengkel bakso said…
membuat bakso itu semua benar, tinggal market apa yang hendak di sasar. jadi komposisi tersebut bisa untuk harga segitu.
Anonymous said…
pak gun...bagi resepnya dong pak,saya pemula nich pak...bahkan belom pernah bikin bakso heheheeee.....
Anonymous said…
Ass pak gun, mau nanya harga sepiring Rp. 8000 apakah dapet untung jika 80% campuran daging baksonya' mohon solusinya
bengkel bakso said…
yang minta resep, bisa lihat di tips membuat bakso.

Walaikumsalam, untuk harga 8000, prosentase 80% DAGING, tergantung jumlah pentol dan diamternya.
Anonymous said…
Pak gun saya jualan pentol komposisi 80% daging,sy jual hrga 1000/pentol diameter sebesar bji telor ayam kmpung.apa nanti ada untungnya pak?mohon sarannya bgi pemula kya sy.trims pak gun
bengkel bakso said…
pentol sebesar telur kampung cukup besar itu, jadi presiksi untung tipis banget, atau malah nggak untung deh. trims
Unknown said…
Pak saya mau beli bahan pengenyal stp belinha di toko kimia atau toko bahan kue ya pak.....mohon infonya....
Anonymous said…
pak gun sya mau jual pentol cilok kecil2 harga Rp. 100 agar rasanya tetap enak dan masih untung berapa campurannya. trus klo buat tahu pentol itu gman caranya..minta tolong bantuannya
anugerah said…
Hai mr.gun. Sy udh coba bbrp x buat bakso halus. Tapi kenapa jd'nya g bisa kress dan warna bakso'nya cenderung gelap tdk bisa brwarna putih. Sy ada rencana brjualan bakso salatiga. Mohon diberi petunjuknya. Makasih mr.gun
bengkel bakso said…
@saiful : waduh saya nggak tahu beli di tempat anda...kalau beli di kami secara online pasi kami kirim. cuma stpp kami ganti dgn jenis phoapat blend fg dan gusto.

Bintang@ pentol cilok kecil kecil 100 perak...menurut saya dagingnya cukup untuk bumbu, jadi bahan utamanya tepung hehehe

Anugerah@ kres itu sistemik, warna gelap itu malah yang riil...kalau warnanya putih itu malah diberi pemutih (TiO2).
Anonymous said…
Pak saya juga mau belajar untuk buat bakso,,gimana ya pak,rencananya saya mau jualan dengan 11.000 per porsi,trims
Unknown said…
Pak gun, saya mau jualan bakso bakar dgn harga 2000/tusuk, 1 tusuk 4 pentol,,, adonan saya sdh 2 kali gagal,, bakso nya pecah, yang salah ap ya pak.? Adonan nya ataucara membuat nya pak.? Mohon pencerahan nyaa,, balas di email saja pak... minta resep nya yaa pak.,, saya buat adonan nya di pasar pak , di tempat penggilingan daging.,,,
Unknown said…
Pak gun saya wagianto minta resep bakso kress berapa
Unknown said…
Siang pak,mau tanya untuk pelatihan pembuatan bakso gimana yah?sy sangat berminat,apa ada no telfon yang bisa dihubungi??mohon infox,makasih
Unknown said…
pak gun,,saya pernah membuat bakso,,,begitu dikunyah langsung hancur dan sepertinya ditekan pake sendok dikit langsung terbelah,,,apa karena dagingnya??gimana bedain daging yg bagus dan jelek untuk bakso???makasih sebelumnya pak gun,,,semoga Allah meridhoi dan merahmati pak gun
Unknown said…
pak gun, untuk membuat bakso yang kress apa harus menggunakan daging sapi. bagaimana jika menggunakan daging ayam ...kalau boleh tau komposisinya berapa...?terimakasih
bengkel bakso said…
maaf baru jawab,

anonymous....yg ditanyakan kurang jelas.

yulius kurniawan, pecah biasanya karena adonan terlalu panas.

pak wagianto....ikut privat saja ya.

ibu ety nurhayati....silahkan di no 081329146879

bp. dian pramana....bakso terlalu lunak,,,,penyebabnya macam macam....daging juga pengaruh...pilih saja daging yg kering, jgn yg glonggongan.

bp. sulis.....kres pakai sapi bisa, kalau ayam agak susah.
komposisi relatif bgt ya.....

terimakasih
Unknown said…
Pak gun. Untuk membuat bakso yang kress iti. Komposisi 85% daging dihitung dari mana. Apakah keseluruhan mulai dari daging,tepung,bumbu dan es. Atau hanya daging, tepung dan tepung saja
bengkel bakso said…
sulis: makusudnya gmn?
author said…
Salaam kaki lima.

Pak gun ,saya mau tanyak apakah bakso kuah dengan bakso bakar itu komposisinya sama...?


Terus cara buat biar bakso keras ,padat, kayak daging itu gimana....?
Tips.nya gimana...?

Adonan biar saat dibakar kyak daging gimana?
terus komposisi Daging, urat sma tepung berapa persen...?


Terima kasih.

Unknown said…
Pak gun mau nanya untuk pembuatan pentol cilok harga 1000 ukuran campura tepung,daging,DAn ayamx berapa persen ya.. mohon pencerahannya..?
Leeyaniy said…
Pak gun salam kenal yah
Kebetulan Anak saya suka sekali bakso akhirnya setelah gagal brpa Kali saya brhasil pas bulan Ramadhan kmarin buat bakso plus skaligus ada pesanan dlm sminggu 500 bji bakso. Ehehe mau tnya itu adonan bakso klo ktnya dagingnya ga boleh dcuci dlu itu tp aman yah Pak baksonya klo dagingnya ga dcuci. Krn ktnya klo dicuci teksir baksonya jadi lembek, bener ga Pak?
Mhon pencerahan trims
bengkel bakso said…
utk M. Hartawan, waduh pertanyaannya teknis banget.....bisa di coba sendiri saja dulu, nanti pasti harga pokok produksi ketemu.

Al. Arulian, dagingnya jangan di cuci, nggak apa apa....
Unknown said…
Pak gun salam kenal ya...
Mau tanya pak... kl buka warung bakso kecil kecilan ap harus ad ijinnya dulu ya?
Unknown said…
Salam kenal y pak,hem saya tertarik bgt pak untuk bljr n mmbuka usaha bakso pak. tlong pak bimbngn nya dlm mmbuat bkso yg tekstur n rasa ny mantap. Setiap saya praktek tektur ny kasar, mmbulati bkso pun trnyta susah krna adonan lembek, stlah jadi pun bkso ny gk kenyal pak, bgaimna mngtsi ny pak?? Rencna saya mau buka bakso d toko (pasar). Ap ada prktek/pembljrn dr bpk mllui online? Thnks pak
Unknown said…
"Banyak es yang ditambahkan sangat berpengaruh. adonan akan menjadi encer dan susah untuk dicetak, tetapi hasilnya biasanya kenyal dan kressnya timbul."

1. Maksudnya semakin banyak es (adonan semakin cair dan dingin) semakin bagus ya pak? Saya sudah coba bikin bakso dengan komposisi 4:1, tapi alhamdulillah berkali-kali gagal :)
2. Saya menggunakan daging sengkel / betis sapi, apa ada yang lebih baik?
3. Apakah ada teknik khusus pak saat masaknya? Misal penggunaan es atau gimana gitu..

Terimakasih.....
bengkel bakso said…
eko sujarwadi:
ijin dulu ya bagus....

unknown:
salam kenal..silahkan ikut privat yg datang saja, krn tidak ada yg online.

denni Satria:
1. bagus, kan dingin, adonan aman..coba lagi...
2. bisa dengan topside
3. teknik khusus pasti ada, berujud SOP yg harus diikuti secara benar.


trims
Unknown said…
Hallo pak gun, saya sudah coba beberapa kali membuat bakso bakar tapi tidak ada yang pas rasanya di mulut. Apakah adonannya beda pak gun untuk bakso bakar dan bakso lainnya ? Mohon pencerahannya pak gun
Unknown said…
Hallo pak gun, apa adonan untuk bakso bakar itu beda
bengkel bakso said…
Roeikhan....bakso bakar sama saja adonannya...tinggal masalah dominan daging atau tepung.
trims
Unknown said…
asalamualaikum pak gun,,saya mau nanya,dan saya mau jualan bakso 10.000/porsi dengan diameter bakso seukuran telor ayam.kira-kira bagusnya.takaran daging berapa,tepung berapa?dan minta resep kuahnya biar kental dan mantap. makasih
Unknown said…
Pak gun saya berniat jualan bakso bakar saya sdh cba 2 kali mnurut suami rasa sdh pas.yg susah bgt itu pas ngebentuk bulat yg cntik kok ssah bgt y gmna caranya,mohon penjelasannya.
adonan saya tdak d masukan frezzer terlbih dahulu,saya banting2 dan lngsung cetak pakai tangan
Eko wahyu said…
Pak saya pemula beli resep di bapak brp y pak?,- saya bikin selalu gagal pak dan hampir frustasi... uda pake karagenan juga gagal tlg di bantu pak?,- trims
Unknown said…
Selamat siang pak... Saya ingin membuat bakso untuk dijual... Saya sudah coba beberapa kali tapi selalu gagal... Bakso saya sudah kenyal tapi rasanya nggak enak... Mohon petunjuk untuk bumbu bumbu yang digunakan yang tepat apa saja pak
Unknown said…
Kalo baso ayam bisa krees tidak pa gun ?
bengkel bakso said…
Iwan Kantong,,,,walaikumsalam...waduh ikut kursus saja ya,,,hehe kita ada programnya kok.

Roning Sih,,,,membentuk bakso kalau pemula emang agak kaku susah...teruskan saja..lama lama akan biasa.

Eko Wahyu,,,solusinya ikuti kursus 2 hari di solo...bisa klik saja halaman kursusbakso di web ini.


Imul Yasha....Rasa itu seni karena bumbub bumbu bisa beda jenis dan takaran. yg namanya seni itu relatif banget....di coba coba sendiri dulu...terus semangat ya.


Satria Halim,,,bakso ayam susah kress..


terimakasih
maaf saya jawabnya lama.


Unknown said…
assalammualikum pak Gun, saya mau bikin bakso yang dikeringkan9 seperti yang ada di popmie) kira2 bagaimana caranya ya supaya baksonya jadi kering, mohon infonya ya, terima kasih sebelumnya
bengkel bakso said…
walaikumsalam,,,betty yuspriatna,,,agar bakso kering kadar airnya di kurangi bisa proses oven...
Bakso kresss.... perbandingan yg tepat brapa... daging dan sagu...
trimkasih...
Unknown said…
Apa campuran y biar bakso kress sy dri bogor,,,, bakso yg saya buat tidak kress
Anonymous said…
Apa ada resep aneka macam bakso....brp harga msg msg
Brosur kursus juga boleh diemailkan sekalian kalau ada ke andrekoyong@gmail.com
Terima kasih
Andre Koyong
Unknown said…
Pak gun saya mau tanya..saya mau jual bakso dg campuran daging 85 %.1 porsinya isi pentol besar 1 seukuran telur ayam dan pentol kecilnya 3biji.pantasnya dijual harga berapa...
thekopblog said…
Pak izin bertanx, bisakah adonan bakso disimpan selama sehari?? Apakah nanti bisa berpengaruh pada rasa, tekstur bakso? Trmkasih
Lisa said…
Hai ka mau tanya kalo kaka gagal pake karagen emang perbandingannya brp ?? Adonan vs karagen.. Berapa banding berapa yah ka ?? Dan untuk daging vs tepungnya berapa banding berapa ka ??
Unknown said…
Pak gun agar bakso berongga itu dikasih apa
Unknown said…
Assalamualaikum... Saya mau tanya pentol bertahan berapa lama... Sisa dri penjualan yang belum laku
Unknown said…
Pak gun..mohon di bantu..adonan bakso saya kok gak mau kress ya..padahal komposisi daging ayam 5 kilo tepung tapioka 2 kilo sttp 4 sendok makan...
Unknown said…
Assalamualaikum..
Pak gus,saya eva.saya mau tanya komposisi bakso yg enak dan empuk bagaimana?jika daging 2kg sebaiknya tepungnya brpa kg?
Unknown said…
Assalamualaikum pak gun
Apa ada kursus online nya tdk? Soalnya klo k solo kejauhan hehehe
Unknown said…
Assalamualaikum...saya ingin sekali jualan bakso .tpi saya coba bikin di Rumah hasilnya lembek.gimana caranya supaya bakso kenyal dan padat.
Unknown said…
As,slm knl''sya lisa dr ngoro mojokerto jwa tour...sya mau tnya bikin bakso yg kres sya mau beli obatnya yg bisa bikin bakso kress bnget
Ramazanzadeh said…
Assalamualaikum Pak Gun..
Untuk buat butiran bakso skala besar bagaimana ya...karena para pemain lama sulit di lawan : Sekantong bakso isi 20 butir di jual hanya Rp 7000. Kita pemain pemula yg baru mau masuk pasar sudah KO duluan..
Unknown said…
Halo pak gun sy dr jawa. Sy jual bkso perbandingannya daging 1.5 kg dan sagu+tapioka 3/4kg . Agar berqsa kres bagaimana ya .trimajasih

Popular Posts