Tuesday, January 4, 2011

TIPS ber BISNIS WARUNG BAKSO

PAK INDRA, BAKSO SRINTIL


BAKSO SRINTIL, SEMANGKOK CUMA Rp. 4000
Bisnis bakso sekarang menjadi pilihan banyak orang. Bisnis bakso termasuk bisnis yang gampang-gampang susah, banyak pengusaha bakso yang berjaya sampai menjadi seorang  milyader hanya dengan bisnis bakso, tetapi tidak sedikit yang terjatuh ketika mencoba menjalani bisnis bakso hanya dalam hitungan bulan.
Beberapa model bisa dikembangkan dalam bisnis bakso ini. antara lain Bisnis bakso dengan model tenda kaki lima, bisnis bakso dengan model gerobak keliling, bisnis bakso dengan model Restoran Bakso yang lebih elit, atau  bisnis bakso yang hanya menjual pentol bakso dalam plastik vakum (biasanya untuk supermarket).
Untuk kelas harga bakso juga sangat beragam, tergantung segmen pasar yang akan dimasuki.
Saat ini bisnis bakso memang banyak mendapat persaingan dari bisnis kuliner yang dikembangkan dari negara asing maupun dalam negeri, seperti Ayam goreng, hamburger, pizza, kebab dan lain-lain, tetapi peluang dari bisnis bakso tetap terbuka, mengingat jumlah penduduk Indonesia yang besar sekali, apalagi kalau bisa mengembangkan sayap sampai luar negeri...luar biasa kan.


ada  sedikit Tips membuka warung bakso dari saya, langsung saja.

  1. Punya persiapan MODAL
  2.  Kuasai ILMU PEMBUATAN BAKSO.
  3.  Sebelum berbisnis bakso, saya sarankan anda untuk studi pasar, apakah persaingan bisnis bakso di   daerah  anda sudah sangat ketat. Bila sudah sangat ketat, mending kita cari daerah lain yang masih potensial. Bila menemukan daerah yang potensial, silahkan anda pilih tempat yang paling strategis menurut anda. Dulu saya pernah mempraktekkan memilih JALUR JALAN YANG TEPAT untuk jualan, dengan cara menghitung dan mencatat lalu lintas yang lewat dan memilah-milah kendaraan yang lewat berasal dari dalam kota atau luar kota. Saya lakukan kegiatan itu selama tiga bulan, cuma duduk melihat orang lewat hehehe. Olah data anda, Kendaraan dari luar kota, sangat potensial, biasanya rombongan, mereka cenderung royal dan siap duit untuk jajan. mungkin karena Musafir ya.... Kuncinya  JALUR JALAN YANG TEPAT    
  4. Setelah memilih tempat paling baik menurut anda, Siapkan semua peralatan tempurnya. Kita siap jualan.Sangat bagus kalau ada fasilitas Toilet. Kuncinya KEBERSIHAN
  5. IKLAN SPANDUK yang di pasang di jalan-jalan dekat warung kita, semakin banyak spanduk, semakin baik.
  6. Dalam berjualan kunci utama adalah selalu TERSENYUM kepada pembeli.
  7. ULET DAN KONSISTEN, karena kita baru merintis dan belum punya nama.
  8. Jangan lupa BERDOA kepada Tuhan YME, dan kalau sudah laris, jangan lupa berzakat.

Nah kalau kita simpulkan kata kuncinya adalah | modal | ilmu pembuatan baksojalur jalan yang tepat | kebersihan  | IKLAN | tersenyum | ulet dan konsisten | berdoa |


kalau anda mempunyai tambahan tips, silahkan bagi ilmunya di sini

Ditulis oleh : P. Gun
www.bengkelbakso.com

posting terkait



" Jika Anda ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Anda, mohon cantumkan sumber tulisan dari GUNAWAN BENGKEL BAKSO dan link aktif menuju artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut "

    6 comments:

    villa kharista bali said...

    nice post..
    sangat menginspirasi..
    bakso memang bisnis yang trgolongf gampang-gampang susah namun jika kita berhasil mengembangkannya kita akan mndapat keuntungan yang besar

    ayah arya yoga said...

    setelah cari-cari..ehhh dapat dah info tentang bakso,karena saya juga merintis usaha bakso..thank's berat mas bro infonya..

    aam niam said...

    banyak ilmu yang di dapat, matursuwun mas, moga makin sukses.

    jancoker said...

    Ada sedikit cerita. Tentang pedagang bakso yang punya nama besar di daerah saya, Lampung. Karena mungkin dianggap sebagai bakso yang paling enak se Lampung, owner bakso yang tak perlu saya sebutkan namanya ini, menjadi abai dengan sebuah sistem yang seharusnya sudah dibakukan dalam bisnis besar seperti bisnisnya. Yang menjadi sorotan adalah pelayanan yang sangat mengecewakan. Karyawan yg seharusnya santun dan menyapa pembeli, malah sebaliknya, seolah ketus dengan tampang seram ala preman yang rambutnya gaya Hercules preman ibukota itu. Ini mungkin menjadi pembelajaran bagi kita jika ingin sukses berbisnis, maka harus selalu msnjaga hubungan baik dengan konsumen. Meski kita yakin bisnis kita telah menjadi bisnis besar.Karena, semewah apapun, sebesar apapun bisnis kita, apabila hubungan baik dengan konsumen diabaikan maka tidaklah ada artinya bisnis itu. dan lambat laun akan menunggu kehancuran. Karena sesungguhnya hakekat bisnis adalah memberi manfaat kepada banyak orang dengan cara yang halal.

    Wak Suffian said...

    Mau coba2 bisness Bakso di Malaysia mudah2an berhasil

    Lstari said...

    Makasih infonya Mas. Mau mencoba Bisnis di Belanda. Semoga berhasil juga.