Friday, February 3, 2012

CARA MEMBUAT BAKSO BIAR KRESS

CARA MEMBUAT BAKSO BIAR KRESS memang gampang gampang susah, CARA MEMBUAT BAKSO BIAR KRESS memang dicari oleh pembuat bakso, lantas bagaimana CARA MEMBUAT BAKSO BIAR KRESS?
Untuk menjawab CARA MEMBUAT BAKSO BIAR KRESS memang mesti lewat percobaan percobaan yang sistematis dan terukur. Bagi pemula mungkin agak susah untuk membuat BAKSO YANG KRESS, tapi jangan mudah putus asa, karena modal utama untuk membuat BAKSO BIAR KRESS adalah kegigihan kita untuk bereksperimen dan mencatat apa yang telah kita eksperimenkan.
Untuk membuat BAKSO YANG KRESS kuncinya adalah Prosentase daging dalam adonan mesti besar, kira-kira 80% ke atas. Sebaliknya Kalau adonan Bakso komposisi tepungnya banyak, agak susah untuk mendapat tekstur bakso yang kress.
Biasanya pembuat bakso sudah bisa mendapat tekstur kenyal karena sudah memakai pengenyal, tetapi tektur kress nya yang belum dapat dicapai.
Selain prosentase daging dalam adonan yang cukup tinggi, pemilihan daging yang berkualitas juga sangat berpengaruh, sebisa mungkin preparasi dagingnya sebelum digiling, dengan cara membuang bagian lemak dan urat yang keras.
Lama waktu mengadon dan penambahan es, juga sangat berpengaruh terhadap tekstur bakso. Banyak es yang ditambahkan sangat berpengaruh.  adonan akan menjadi encer dan susah untuk dicetak, tetapi hasilnya biasanya kenyal dan kressnya timbul.
jarak pemukul dan wajan semakin rapat semakin bagus
Mesin penggiling dan mixer pencampur adonan juga mempunyai andil yang besar dalam pembuatan bakso, biasanya menyangkut setingan mesin dan putaran mesin. Mesin  bakso yang setingan mesinnya kurang baik, produk baksopun jadi kurang optimal. Ciri-ciri mesin bakso yang kurang bagus, biasanya timbul panas berlebih dan tanpa sadar operator membutuh es dalam jumlah yang banyak untuk menutup panas mesinnya.
Selain itu, hasil adonan kurang halus dan lembut, hal ini disebabkan jarak antara pemukul dan permukaan wajan untuk mengadon terlampau jauh, untuk mengatasinya mesin tersebut perlu seting ulang.
Untuk mendapatkan tekstur kenyal dan kress ternyata rumit  juga ya. hehehe
Jangan putus asa, terus mencoba.......


Ditulis oleh gunawan
www.bengkelbakso.com 


" Jika Anda ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Anda, mohon cantumkan sumber tulisan dari GUNAWAN BENGKEL BAKSO dan link aktif menuju artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut "
 


26 comments:

ayah arya.riyadi said...

setuju pak,komposisi daging dan tepung yang berpengaruh.biasanya kalau para penjual bakso seperti saya menggunakan komposisi 1 kg daging dengan 1 ons tepung,dan daging yang halus atau basa Pekalongannya silap.selain membuat bakso jadi kress juga lebih halus kalau dicetak dan soal rasa masih enak walau sudah 2 hari tanpa difreezer

suryono said...

membuat bakso biar kres dan kenyal emang membutuhkan ketlatenan ulet sabar dalam melakukan experimen pak gun.....product saya sebenarnya udah kres pak gun..tapi karena saya belum puas dgn hasilnya...makanya saya sharing ma pak gun..siapa tau hasilnya bisa lebih bagus....eealah..ternyata benar...hehehehhe....makasih pak gun...atas kiriman sampel phosmix maupun tepung Tjnya ke denpasar....
tinggal sampel bakso saya yg belum nyampe di tempat pak gun...hehehehe

A Gunawan Sutanto, S.Si said...

Mas Suryono adalah seorang yg sudah punya nama besar dibidang bakso di Bali, saya bangga dan mendoakan, produk bakso mas suryono semakin enak, berkualitas dan digemari. Ngomong soal bakso yg mau di kirim ke solo, tak tunggu lho mas, ojo lali

ida yati said...

Hola Pak Gun...Alhamdulillah..bakso saya (kata suami saya sih) sdh kenyal, kress juga, padat.Trus bisa di sobek tapi dalamnya kok seperti ada lubang2nya ya???komposisi 85% daging.

A Gunawan Sutanto, S.Si said...

halo juga bu ida di bontang , selamat sdh bisa bikin bakso:-)
Utk bakso berongga itu gas atau balon udara yg terperangkap dalam adonan bakso, no problem....kapan buka warung baksonya?

OTNASEOS said...

salam kenal pak gun, sy msh coba2 dlm membuat bakso. sy mau tanya, sebaiknya komposisi daging dan tepung yg pas berapa ya pak untuk menghasilkan bakso yg kenyal dan enak..sy bermaksud untuk jualan bakso di surabaya & sy merencanakan menjual bakso perposinya Rp.6000,-/mangkok. makasih pak buat infonya.

A Gunawan Sutanto, S.Si said...

karena sudah di tentukan segmen pasarnya semangkok 6000, maka bakso yang sesuai yaitu kelas menengah, antara 65-75% kandungan dagingnya.
semoga bermanfaat

Laga rastafara said...

Pak Gun yg Kece, ane mau nanya nih,

saya Jualan Pentol,
nah kalau menyimpan Adonan Pentol di kulkas itu bertahan berapa hari ya pak??,

kalau dalam suhu kamar bertahan berapa hari juga pak??

soalnya saya gag punya kulkas,, bagi tips nya pak,,

Matursuwun sak derenge.

A Gunawan Sutanto, S.Si said...

Sebaiknya adonanan sgr di buat pentol, krn dalam bentuk adonan kurang tahan lama, walaupun dalam kulkas sekalipun. rawan kontaminasi.
smg membantu

Baso.Usa said...

Halo Pak Gun.. saya tinggal di amerika dan ingin belajar membuat baso dan ingin tau kalo mau membeli Phosmix MP apa translasinya di bahasa inggris?

Anonymous said...

Oom Gun...kalo komposisi dagingnya 80% keatas berarti bisa dibikin sosis donk yaa?

tinggal dibungkus casing..diasapkan..jadi deh sosis...

mohon pencerahannya...makasih Oom

A Gunawan Sutanto, S.Si said...

untuk yg di usa, ada beberapa pengenyal produksi thailand dan china yg sering di jual di amrik. traslasinya apa ya phosmix mp, karena itu adalah merek, coba cari saja sodium tripoly phospat, barangkali ada di amrik.
semoga membantu

A Gunawan Sutanto, S.Si said...

sosis emang hampir sama dgn bakso. bedanya paling ditepungnya. sosis biasanya pakai isp,sedangkan bakso pakai tepung tapioka atau sagu cukup.
cara menghaluskan adonannya juga agak beda. sosis halus sekali teksturnya....bakso teksturnya agak berserat

Alex Bandit said...

custom yard signs Thank you for taking the time and sharing this information with us. It was indeed very helpful and insightful while being straight forward and to the point

Blugu Blogo said...

Pak Gun saya sedang belajar membuat bakso. Saya pakai komposisi daging : tepung = 4:1. Tung yang sudah saya coba tapioka dan sagu. Tapi saya merasa belum pas dengan tekstur bakso setelah jadi. Bakso cenderung kasar tekstur kulit luarnya, tidak seperti bakso2 yang dijual di luaran yang halus. Kenapa ya pak?

A Gunawan Sutanto, S.Si said...

Terimakasih sdh mampir di blog bengkelbakso.com, bakso yang kulit luarnya kasar, kemungkinannya :
1. adonan memang nggak jadi, krn protein daging kepanasan dan rusak. Ini menyangkut seting mesin dan es.
2. Banyak terdapat lemak yang ikut pada adonan, sehingga dipermukaan ada semacam bintik bintik kasar berwarna putih.
3. kebanyakan daging jenis urat, sehingga permukaan bakso tdk bisa halus.
semoga jawaban saya bermanfaat.
terimakasih
p.gun

Widy Cool said...

salam kenal p.gun,bkso sy knyal,tp krang kress,dging 85%.mhon sarannya p.gun.maturnuwun
by.mas eko makassar.

Anonymous said...

mau tanya om, dalam pembuatan baso besar, susah sekali untuk keras dan kress, padahal kalu di bikin yg kecil hasil bagus, karena saya satu adonan dalam pembuatan bakso kecil dan bakso besar.

afin said...

asslmalkm pak Gun...saya pegen belajar buat bakso yang kress, tp apa ada tutorial dari email, untuk pembayaran berapa pak gun, trimakash

BENGKEL BAKSO said...

Membuat bakso diameter kecil maupun besar sama saja, tergantung kebiasaan, bila sdh biasa yg jadi bagus:-)
Untuk yg ingin belajar,
Silahkan telpon langsung ya. Trims

evi dolken said...

Pakgun mohon tutorialnya supaya bs bikin bakso keras tidak lembek

Anonymous said...

pak gun..saya mw tanya untuk pembuatan bakso ikan dan jamur bagaimana yaa?
Apa sama dengan bakso daging?

BENGKEL BAKSO said...

untuk evi : membuat bakso yang keras atau padat, kapa kapan akan saya tulis artikelnya.

untuk bakso Jamur atau ikan, prinsip membuatnya sama, cuma beda bahannya saja.

Anonymous said...

pa gun saya buat baso dengan perbandingan daging 2 kg tepung nya 1,5 kg . apakah sudah benar ? saya jual rp 5000/ porsi .
klo kurang tepat bagaimana baik nya ??

terus untuk kuah baso yang enak itu gmn cara buat nya !?
terima kasih :)

BENGKEL BAKSO said...

membuat bakso itu semua benar, tinggal market apa yang hendak di sasar. jadi komposisi tersebut bisa untuk harga segitu.

Anonymous said...

pak gun...bagi resepnya dong pak,saya pemula nich pak...bahkan belom pernah bikin bakso heheheeee.....