TIPS MEMBUAT BAKSO

Pelatihan di bengkelbakso.com
Sumber Foto: bengkelbakso.com
Tips membuat bakso sangat banyak kita jumpai di internet, Tips membuat bakso dari www.bengkelbakso.com  ini memang agak berbeda dengan Tips membuat bakso pada umumnya, karena lebih
menekankan pada prisip dasar yang harus dilakukan seorang pembuat bakso.. ok, langsung saja kita mulai.
Selama ini sering terdengar keluhan susah membuat bakso sendiri. Kadang yang sering terjadi bakso jadi seperti bubur, kurang kenyal, kurang garam atau kelebihan garam dan sebagainya.
Sebenarnya kalau kita perhatikan selama ini, kegagalan dalam pembuatan bakso disebabkan karena sang pembuat tidak mengerjakan secara terukur dan sistematis. Sering terjadi membuat bakso hanya berdasarkan kira-kira saja, maka hasilnya pun tidak akan pernah stabil dari satu pembuatan ke pembuatan berikutnya.
Dalam pembuatan Bakso, yang harus kita kerjakan adalah MENIMBANG DAN MENCATAT. nah kalau kita sudah terbiasa melakukan kegiatan menimbang dan mencatat, maka kita akan tahu dengan pasti kesalahan apa yang terjadi dan merubahnya.
Timbangan yang digunakan  untuk pembuatan bakso, sangat disarankan memakai timbangan yang bisa menjangkau skala kecil yaitu : 1 gram - 5000 gram.
Membuat ADONAN BAKSO sebenarnya kita harus mengerti 5 hal penting di bawah ini:

                    1. Daging Sapi untuk bakso
                    2. Tepung untuk bakso
                    3. Bumbu untuk bakso
                    4. Fungsi es batu pada adonan bakso
                    5. Tujuan membuat adonan bakso dan prosesnya.

Kita akan bahas satu persatu.
mulai dari yang pertama: Klik di bawah ini.







" Jika Anda ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Anda, mohon cantumkan sumber tulisan dari GUNAWAN BENGKEL BAKSO dan link aktif menuju artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut "

posting terkait



Comments

teddy bear said…
.trimakasih atas sarannya..
Anonymous said…
MAKASIH ILMUNYA. INSYA ALLOH BERGUNA BAGI SKALA KELUARGA MAUPUN YANG MO COBA BISNIS.
kattycayank said…
makasih infony yah,,,,,
hehehhehe,,cos katty mau usaha bakso di rumah,,,,
bengkel bakso said…
semoga sukses berbisnis bakso
Cak Ipin said…
Matur Nuwun Infonya Insya Allah bermanfaat, btw saya pernah tanya STPP ke Toko Kimia, tapi cuma ada 1 macam. Apakah memang ada bedanya antara STPP food grade ama yang bukan?
bengkel bakso said…
Cak ipin, salam kenal. menurut sepengetahuan saya, ada STPP foodgrade yang untuk bahan tambahan pangan dan ada STPP untuk industri pembuatan sabun. bentuknya sama-sama serbuk putih, agak susah juga membedakan. tetapi yang jelas kalau kita beli stpp yang foodgrade
pada karung kemasannya akan tercantum tulisan foodgrade. barangkali ada pembaca yang lebih berpengalaman, bisa di share disini.
thanks
dindinogo said…
mas Gunawan info nya bagus2 banget , ilmiah ya beda kalau yang nulis nya lulusan MiPA UGM, dan bermanfaat banget lho jadi kita yang hoby makan bakso tapi sering khawatir dengan kasus borax ini jadi merasa lega karena mulai lebih bisa pilah pilih.... ngga curiga-an ke penjual bakso dan juga terpacu untuk buat sendiri... ada yang mau saya tany mas... kalau tidak ada karagenan bisa kah diganti bubuk agar2?
bengkel bakso said…
utk watakushi trims sudah mampir, kalau kita lihat komposisi agar-agar powder, selalu ada tambahan vanila powder. nah kalau dipakai untuk buat bakso, ntar baksonya beraroma vanila dong,,,tapi patut dicoba lho dan barangkali bakso rasa vanila malah jadi tren hehehe
melati said…
Kalau telur ayam yg dipakai sbg salah satu bahan bumbu hanya dipakai putihnya atau kuningnya juga? lalu berapa butir yg diperlukan utk misal 1kg adonan?
terimakasih.
BENGKEL BAKSO said…
untuk melati, telurnya bisa kita pakai semua, kuning dan putih masukkan semua. 1 kg berat total adonan kering bisa kita tambahkan 1 butir telur.
untuk menghitung gram telur, biasanya 1 butir setara dengan 25 gram.
semoga bermanfaat.
Anonymous said…
pak gun.. kpn2 saia dolan ke tempat bapak boleh yak? hehe =D klo cuma baca saja kurang maknyuss
bengkel bakso said…
siap ndan, ditunggu kedatangannya. trims
kiki said…
Pak..kalo seumpama daging 1 kg..kira kira berapa gram untuk tepung dan pengenyalnya berapa yah?
sebenarnya, jumlah tepung itu tergantung mau buat bakso dengan daging berapa persen? kalau persen daging sudah ditentukan, maka tepung dan bumbu akan menyesuaikan....begitu lho
Anonymous said…
terimakasih sangat bermanfaat, dimana ya saya bisa beli tepung bakso? saya tinggal di balikpapan.
May Allah reward your kindness.
bengkel bakso said…
Beli tepung bakso, bisa di paketkan dari solo...trims telah berkunjung
adam80 said…
pak gun untuk di jawa barat karna saya dari kota cianjur dimana bisa mendapatkan tepung tj dan pengenyal karagenan. Ada cabang nya ga utk jawa barat kota cianjur atw bandung.Terus kalo pesen via pos harus berapa kilo. Trims
bengkel bakso said…
Untuk jawa barat terutama kota Cianjur kita belum ada agennya. mungkin bisa kita bantu dengan paket dari Solo langsung. Bapak bisa pesan dengan minimum order saja, nanti kita paketkan via pos. terimakasih.
Anonymous said…
Asslmlkm Pak.. Sy Bestari dr Pekanbaru. Sy baca di tabloid nova,ktnya tepung ini jg bs utk siomay ya..?? Tlg diulas jg ya Pak.. Mksh bnyk sblmnya.. :)
bengkel bakso said…
Walaikumsalam, tepung tijar memang bisa juga untuk siomay, cuma pemakaiannya tidak banyak, masih harus dicampur dengan tapioka, kalau untuk perbandingannya, tapioka 80% : tepung tijsr 20%
atau bapak bisa mencoba buat perbandingan sendiri.
semoga membantu
Anonymous said…
mas gun, bisa ga baksonya dari daging non paha atau daging untuk sop? mksh.. pake sekitar 80% daging untuk sop apa bisa jadi kress jg baksonya?
Mas, saya mo tanya. Kira2 dengan berat kering 1kg, bisa jadi berapa butir bakso dengan ukuran sedang?
thanx
bengkel bakso said…
berat kering 1 kg, bisa berapa pentol?
sangat relatif,
1. tergantung jumlah es yang ditambahkan, semakin banyak es nya, semakin banyak rendemen pentol baksonya.
2. tergantung berapa diameter pentol baksonya.

utk berat segitu, es 50% dibanding berat kering, diameter pentol 3 cm, ya kira kira jadi 80 pentol...hehehe ini kira kira lho ya
Anonymous said…
pak gun , tips d atas bisa d aplikasikan buat bakso jamur tiram?
irfan,garut -jabar said…
pak gun,resep ini bisa di aplikasikan buat bakso jamur tiram?
kalau tidak,punya gak resep dan bahan-bahan khususnya?
Anonymous said…
Pak Gun..napa ya adonan setelah di cetak dan dicemplungkan ke air panas langsung ngapung, padahal biasanya kan tenggelam dulu baru ngapung, maksih Pak
bengkel bakso said…
adonan di cemplungkan lsg ngapung karena air rebusan mungkin terlalu panas, sehingga langsung mateng baksonya.
Anonymous said…
pak gun, selain mencampur adonan baso menggunakan mesin bakso bisa ga dgn cara lain?
bengkel bakso said…
Mencampur adonan bakso selain menggunakan mesin, saya jadi ingat waktu kecil, tetangga saya yang pedagang bakso, mencampur adonan dengan cara di pukul pukul pakai logam tumpul atau kayu. jadi cara manual ya di gepuk gepuk adonannya dengan benda tumpul.
semoga membantu
Anonymous said…
askm,salam kenal pak gunawan,sy tanto dr sragen.makasih bnyk udh brbgi pngalaman.tp sy msh bingung tntang penghtungan pmbagian perseny untuk perbandingan adonan bkso.sy mau jualan penthol bkso ayam keliling,mhn rinciany perbandingan+bumbu.tlng ya pak?
bengkel bakso said…
Walaikumsalam mas tanto
apa yang membuat bingung?
prosentase cuma cara kita untuk memudahkan perhitungan. Bila ingin lebih lengkap, bisa ambil program paket belajar utk pemula.
trims
irsad batam said…
irsad saalih batam
ass.wrwb,salam kenal pak gun.
mau minta pencerahannnya tentang komposisi baksonya.komposisi adonan kering kan 100%.kalau dagingnya 90% dan bumbu 10% maka berarti baksonya nggak ada campuran tepungnya ya,,betul apa nggak ya pak guun?bisa sepertiini,maksudnya baaksonya bisa jadi.trima kasih sebelumnya.
bengkel bakso said…
pak irsyad kan sudah ngambil paket belajar pemula di bengkelbakso.com, nanti silahkan hubungi kami untuk konsultasi. trims
Unknown said…
tipsnya p.gun sngat mbantu pngusaha bakso di tanah air.maturnuwun.
Unknown said…
mas,,
nyari STPP food grade itu d toko apa?
saya nyari d pasar2 pknbru g ada nmuin,,,
Anonymous said…
Assalamu alaikum pak Gun. Saya Amin dari Gresik, pengenyal apa sudah merupakan pengawet juga? Bila perlu menambahkan pengawet yang dianjurkan apa dan berapa dosisnya? Terima kasih.
bengkel bakso said…
Untuk heri ana, maaf saya kurang tahu yang jual STPP di pekan baru.
Utk pak Amin dr gresik pengenyal itu bukan pengawet, pengawet yang di anjurkan ya chitosan, dosisnya 30 ml per 1 kg adonan.
semoga bermanfaat
Anonymous said…
pa maaf mau tanya knp sy buat baso ko pas dimasukkn air panas ko lama2 menjdi bubur, bgm mana resep yg cocok untk daging 3 kg. trus bisa ga ditambhkn telur.kan syng adonanany masa sih hrs dbusng
bengkel bakso said…
masih ada yang kurang benar pada adonan tersebut
cak moeslem said…
salam kenal pak
sy dr surabaya. Klo buat bakso, dagingny apa harus di cuci dulu ato tidak. Krn ada yg bilang tidak usah d cuci krn klo d cuci maka proses membuat bakso tidak bisa jadi. Mohon infonya ya pak. Trims
bengkel bakso said…
halo cak, daging dicuci memang bersih, tetapi kita jadi susah membuat estimasi kadar airnya, hal ini ada hubungan dgn penambahan es.
Anonymous said…
Pak gun, kalo bikin pentol bakso trs dibuat basreng gmn ya biar bisa krispi?
Anonymous said…
mohon maaf pak gun, didaerah kami sekilo daging 85 rb, untuk seporsi bakso harganya Rp. 8000 mau tanya campurannya sama tepung dan bumbu berapa untuk 1Kg daging, biar dapet untung namun baksonya rasanya enak, mksh
bengkel bakso said…
Untuk bakso goreng biar krispi...sebaiknya di coba coba saja ya...hihihi

untuk bakso 8000/mangkok biar tetap untung, mungkin di kisaran daging 65% ya....dicoba saja. trims
selly said…
Pak gun, saya mau nanya saya buat bakso dengan komposisi. 90% daging 10% tepung dan bumbu. Setengah adonan Saya sempat mengendapkan adonan sehari tetapi setelah saya rebus. Kenapa menjadi rada asam yah?dan tidak kenyal. Padahal setengah adonan sebelumnya yang saya Rebus langsung setelah di giling Hasilnya enak dan kenyal.
Mohon pencerahanya.
Terima kasih.
bengkel bakso said…
rada asam itu tanda tanda mulai basi, jadi tidak disarankan untuk menunda mencetak bakso. trims
Jainudin said…
Pak gun saya mau tanya berapa lama ketahanan pentol bakso yang sudah di rebus untuk di simpan di kulkas tanpa mengurangi rasa dan tekstur. pentol bakso yang dibuat tanpa pengawet.
Terimakasih sebelumnya.
bengkel bakso said…
untuk mas jainudin, tahan kurang lebih 1 bulan, bisa lebih sih. tapi aman ya sebulan.
Unknown said…
Kursus bengkel bakso daerah tangerang atau sekitaran banten ada ga mas gun...?
bengkel bakso said…
masih harus ke solo mas choki
Unknown said…
Terima kasih mas Gun, keragenannya sudah sampai langsung dicoba dan ok :) maaf mas Tanya lagi kalo buat bakso urat baiknya uratnya digiling halus bareng adonan atau cukup giling kasar ya? Terimakasih sekali mas
akhmad solihin lampung said…
pak gun ..kenapa si biaya kursus di bengkel bakso dah naik jadi RP.7.000.000 ..padahal saya baru kumpul2 uang ..rencananya bulan April 20014 mau daftar privat ke bengkel bakso pak Gun wah..wah..wah gagal deh...kira2 ada rencana turun gak pak ya ..serius nich pak
#01 said…
saya membutuhkan karagenan untuk bakso,mohon bantuannya WA.0822 4359 6060 terimakasih.salam...
Unknown said…
Halo mas gun..saya lisa dari kupang NTT. Saya usaha selome, mohon infonya apa campuran yang pas untuk perbadingan daging dan tepungnya soalnya hasil yang saya buat setelah simpan di frezeer kelamaan setelah di masukin ke dalam panci selomenya jadi lebur hancur gitu
Unknown said…
Mhn ma'af, sy butuh informasi utk pesen karagenan. Mhn infonya ke WA 085244660044 matur suwun

Popular Posts