Saturday, April 2, 2011

BAHAN TAMBAHAN BAKSO

Bahan tambahan bakso seperti pengenyal bakso, pengembang dan pemutih selalu tersedia di kios-kios penggilingan daging di pasar tradisional. Uniknya pengetahuan penjual maupun pembeli (pedagang bakso) tentang Bahan tambahan bakso sangat minim. Selama ini para pedagang bakso bila ditanya tentang bahan tambahan bakso yang digunakan apakah foodgrade atau tidak selalu kebingungan, mereka menjawab sederhana bahan tambahan bakso ini dibeli dikios penggilingan tanpa tahu apa namanya dan termasuk food grade atau dilarang.
Ketika kita bertanya ke Penjualnya apa nama pengenyal bakso yang dipakai? mereka tambah bingung lagi, mereka menjawab: " itu obat bakso mas". Mereka asing dengan nama Karagenan, Sodium Tripolyphospat dan phosmix. Pengetahuan para penjual maupun pembelinya memang sangat minim.

Penyuluhan tentang Bahan tambahan pangan yang terkait dengan bakso oleh dinas kesehatan pemerintahan setempat kepada para pedagang bakso maupun penjual bahan tambahan bakso memang sangat minim. Bila pedagang bakso tradisional ini mengajukan ijin ke dinas kesehatan, maka mereka baru dapat penyuluhan, tetapi kebanyakan pedagang bakso tidak mengajukan ijin ke dinas kesehatan setempat.

Semoga lewat blog Bengkel Bakso ini, bisa membantu para pedagang bakso maupun penjual bahan tambahan bakso, mengetahui lebih detail tentang bahan tambahan bakso yang selama ini mereka gunakan.

Untuk mengetahui jenis-jenis pengenyal bakso silahkan klik disini.

No comments: