BERANIKAH ANDA BERBISNIS BAKSO?

BERANIKAH ANDA BERBISNIS BAKSO?Makanan bakso terbuat dari percampuran antara Daging Sapi, bumbu-bumbu, dan tepung tapioka (atau tepung bakso).Proses pembuatannya dengan cara digiling halus membentuk adonan.
Adonan tersebut kemudian di cetak bulat dan dimasukkan kedalam air hangat kira-kira 70 derajat celcius. Setelah adonan mengambang di atas permukaan air, diangkat dan ditiriskan.
maka jadilah bola-bola daging, yang selama ini dikenal
dengan nama Bakso.
Biasanya bakso dijual dengan memakai gerobak dorong dan warung tenda kaki lima.
Bakso menjadi primadona, banyak keluarga dimasyarakat kita yang menyukai makanan ini, bisa dibilang bakso menjadi makanan rakyat,
disukai semua golongan, baik masyarakat golongan kaya maupun yang kurang mampu.

Uniknya lagi Bakso menjadi makanan kebangsaan bagi para remaja yang sedang pacaran, mengingat harganya yang relatif terjangkau, sehingga acara malam minggu Traktir sang pacar pun bisa beres,dengan budget yang tidak besar.


Sebenarnya siapa saja yang terlibat dalam pembuatan bakso ini?

Pertama-tama tentunya Pedagang baksonya, kemudian Peternakan Sapi, Penjual Daging, Pabrik Tepung Tapioka, Pabrik Tepung bakso, Pabrik MSG, Pabrik bahan tambahan pangan untuk bakso, Pabrik Saos, Pabrik Kecap, Pabrik Bihun dan mie, Penggilingan Daging, Penjual perlengkapan bakso, Petani Bawang Putih, Petani Bawang Merah, Petani Sayuran Sawi, dan masih banyak lagi......

kalau kita hitung , kira-kira berapa tenaga kerja yang terlibat dari semua perusahaan tersebut ya?
coba saya pencet dulu kalkulator, wah banyak sekali ya....hehehehe

bukankah ini merupakan potensi lapangan kerja yang luar biasa?

Tetapi bagi anda yang ingin berbisnis bakso, ada beberapa hal patut untuk dicermati sebelum berbisnis bakso. 
Siapkah anda menghadapi tiga hal ini?
  1. Persaingan di sektor kuliner semakin ketat, bisa dilihat dari serbuan makanan dari luar negeri seperti, Ayam dan Burger dari negeri paman sam, pizza, steak, kebab, dengan sistem waralaba. Makanan ini memperkaya pilihan masyarakat sekarang ini, apalagi ditunjang dengan keberadaannya di mal-mal besar, fasilitas komplit, ac dingin, dan sekaligus bisa berekreasi sekeluarga. Walau ada satu dua pengusaha bakso yang bisa menyewa tempat di mal yang harganya setinggi langit, tetapi untuk kebanyakan penjual bakso adalah pedagang keliling dan warung tenda yang kemungkinan tidak mampu untuk menyewa tempat yang mahal.
  2. Adanya kasus Borax dan Formalin yang melibatkan segelintir pedagang bakso, tetapi berakibat seluruh  mata rantai industri pembuatan bakso hampir tersungkur, diperparah dengan isu pembuatan bakso daging tikus yang sempat rame di ekspos di media. Penjual bakso kita memang minim sekali  mendapat penyuluhan dari pemerintah melalui dinas terkait seperti BPOM. Jadi anda harus mampu berjuang memulihkan citra bakso yang tercemar.
  3. Rendahnya daya beli masyarakat kita, terutama dari golongan menengah ke bawah. Mereka sekarang tidak mempunyai dana berlebih hanya sekedar untuk jajan bakso.
Bila anda siap dengan tiga hal di atas, berarti anda memang benar-benar calon pengusaha yang nekat....hehehehe
Pasar dalam negeri kita merupakan potensi pasar yang luar biasa besar.
Apalagi dengan adanya promosi gratis dari presiden Obama yang menyukai bakso, dunia internasional mulai mengenal bakso.
Dalam era perdagangan bebas, memang kita harus siap menyambut kompetisi dengan pengusaha kuliner dari luar negeri.
Perlu kesadaran untuk meningkatkan kualitas SDM dari pelaku  industri pembuatan bakso.
Peran pemerintah lewat departemen terkait seperti BPOM sangat dibutuhkan, untuk lebih banyak memberikan penyuluhan kepada indutri kecil pembuatan bakso.
Intinya industri kecil tersebut diberi penyuluhan agar mampu membuat bakso menjadi makanan yang ENAK DAN SEHAT.
Bakso yang enak dan sehat, diharapkan mampu bersaing dengan makanan-makanan lain.
Tetapi yang paling penting dari itu semua, diperlukan sifat ulet, cerdik, pantang menyerah dari anda untuk berhasil dalam bisnis bakso ini.



Selamat berbisnis BAKSO....................
" Jika Anda ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Anda, mohon cantumkan sumber tulisan dari GUNAWAN BENGKEL BAKSO dan link aktif menuju artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut "

    Comments

    Unknown said…
    Terimakasih sudah mengunjungi bakso Garasi dan menulisnya secara apik. Kami nantikan kedatangannya kembali. Terimakasih
    bengkel bakso said…
    terimaksih juga sudah berkunjung di bengkelbakso.com, kapan kapan saya akan jajan lagi....hehehe
    salam kenal
    p. gun
    Unknown said…
    Pak Gun. Bakso Garasi sudah buka cabang di nusa dua bali. Di jl.siligita nusa dua. Kalau dari tol nusa dua lurus saja sampai perempatan pom bensin hardys belok kanan sedikit di kanan jalan. Persis di seberang minimart super 99 sebelumnya aisis spa. Kalau ke Bali mampir ya Pak

    Popular Posts