SESUAIKAN BERAT TOTAL ADONAN DENGAN KAPASITAS MESIN BAKSO

mesin bakso gabungan grinder dan mixer
Sumber foto : bengkelbakso.com
Mesin Penggilingan bakso sangat dibutuhkan untuk mempercepat kinerja pada industri bakso. Mesin bakso sangat beragam, jenis dan spesifikasi mesin bakso ada tiga macam yaitu:





  1. Mesin Bakso untuk Meghaluskan daging.
  2. Mesin Bakso untuk mencampur adonan bakso.
  3. Mesin Bakso untuk mencetak bakso.
Mesin bakso banyak di produksi  dari China, sedangkan Mesin Bakso produk lokal Indonesia juga banyak beredar. Mesin bakso produksi lokal biasanya sudah merupakan gabungan antara mesin bakso untuk menghaluskan daging dan  mesin bakso untuk mencampur adonan. 
mesin penggilingan bakso produksi dalam negeri ini mangkok maupun grindernya berbahan baku besi yang tidak food grade, sangat mudah karatan, ini salah satu kelemahan mesin ini, penggeraknya dengan diesel tentunya menimbulkan kebisingan dan polusi udara.
Biasanya mesin tersebut di jual dengan kisaran harga 17 -30 juta rupiah tanpa diesel atau tanpa penggerak. Bila bapak ibu berminat dengan mesin bakso produksi lokal, bisa menghubungi pak gun di 081329146879. 


Mesin Penggilingan bakso gabungan tersebut sering kita jumpai di pasar-pasar tradisional yang menjual jasa penggilingan daging.

Pada saat kita memakai jasa Penggilingan Daging di pasar ada yang patut dicermati.
Pengesetan mesin yang salah bisa menyebabkan adonan bakso kurang optimal, kadang pembuat bakso merasa sudah benar tapi hasil adonan tidak pernah bagus.
Pengesetan mesin yang kurang optimal menyebabkan panas berlebih sehingga adonan bakso mateng duluan saat digiling. Kadang operator merasa sangat boros es,disebabkan untuk menutup panas mesin yang berlebih.
Dalam hal ini cara pengesetan mesin yang baik adalah hal yang sangat penting.(bengkel bakso) 
Penggilingan Daging di pasar memiliki mesin pengilingan bakso dengan kapasitas yang cukup besar untuk membuat adonan bakso, mesin penggilingan bakso tersebut  rata-rata bisa mengadon 8-10 kg  perbatch. 
Padahal seringkali Bapak/Ibu datang ke Penggilingan Daging di pasarcuma membawa daging 1 kg untuk dibuat bakso. Adonan yang terlalu sedikit pada mesin penggilingan bakso berkapasitas besar, membuat kualitas adonan menjadi kurang bagus. Biasanya adonan bakso teksturnya menjadi kurang halus dan kurang rata..
Menurut pengalaman penulis, untuk kapasitas mesin penggilingan bakso 8-10 kg per batch, sebaiknya kita membuat bakso dengan berat total adonan minimal 2- 3 kg. Hasil yang didapat adonan bakso teksturnya sudah cukup halus dan homogen.  1 kg adonan perbatch terlalu kecil untuk kapasitas mesin yang besar..
Jadi untuk bisa mendapatkan hasil yang optimal saat membuat adonan bakso, sesuaikan kapasitas mesin penggilingan bakso  yang kita pakai, dengan jumlah berat total adonan bakso yang akan kita buat.


BILA ANDA ADALAH ORANG YANG KURANG PAHAM TENTANG MESIN BAKSO YANG ADA DI PASAR TRADISIONAL.
JANGAN SEKALI-KALI ANDA MENCOBA MEMBANTU OPERATOR UNTUK MENGGILING DAGING ATAU TERLALU DEKAT DENGAN MESIN PENGGILING DAGING, KARENA TELAH BANYAK JATUH KORBAN  JARI TANGAN IKUT TERGILING OLEH MESIN BAKSO TERSEBUT. 
BERHATI_HATILAH.

Semoga bermanfaat, saya tunggu sharing dari pembaca.

terimakasih

ditulis oleh tim :
www.bengkelbakso.com

Baca Juga :


" Jika Anda ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Anda, mohon cantumkan sumber tulisan dari GUNAWAN BENGKEL BAKSO dan link aktif menuju artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut "

    Comments

    Anonymous said…
    pak ni rozi di sekayu palembang..saya berminat sekali dengan penggilingan bakso,,suatu waktu saya akan beli,,mohon bimbnganya di sini trims..
    bengkel bakso said…
    Terimakasih pak Rozi, kami selalu siap membantu.
    Anonymous said…
    saya aan, pak mau nanya klo mesin pencampur adonan kok adayang bentuk piring dan bentuk tabung yang esnya dimasukkan dipinggir tabung gitu, bagus mana pak?
    bengkel bakso said…
    Masing2 punya kelebihan dan kekurangan.
    Yg bentuk tabung,
    kelebihannya:
    1. Lebih Murah harganya.
    2. Suhu dingin lebih terjaga, krn diluar tempat mengadon msh ditambah es.
    3. Hasilnya sudah cukup bagus
    Kelemahannya :
    1. Krn desainnya spt itu, air dari es bisa mengenai dinamo yg tepat ada dibawahnya, konslet sgt mungkin.

    Yg bentuk piring
    Kelebihan :
    1. Adonan lebih cepat kalis, krn piringan dan pemukul semua berputar.
    2. Kapasitas adonan agak besar.
    Kekurangan:
    1. Harga relatif lbh mahal
    2. Tidak ada tempat es diluar sistem, utk membantu menjaga suhu tetap dingin.
    Anonymous said…
    Pak..saya buka bakso di palembang!!klo mesin cetak bakso ad rekomendasi ƍäª soalnya modal minim
    Anonymous said…
    Oº°˚˚°ºooh  iya saya lia dipalembang...salut dgn artikel bapak ditabloid nova!!salam kenal
    bengkel bakso said…
    trims sudah mampir.
    Unknown said…
    salam kenal pak,saya nur sq..saya penjual mie ayam,selama ini saya membeli mie dari se orang pembuat mie,tapi saya ragu karna takut dia menggunakan bahan kimia berbahaya..lalu saya putus kan untuk membuat sendiri..mohon bantuan pencerahan nya untuk membuat mie sehat tanpa bahan kimia berbahaya(food grade)dan saya mau pesan bahan2 nya
    Unknown said…
    saya mau pesan bahan pengganti air abu untuk pembuayan mie agar kenyal...minimum berapa pa?trims
    bengkel bakso said…
    salam kenal juga, untuk pengenyal mie sebenarnya bisa pakai karagenan mie dan telur saja bisa. dan terigunya pakai yang kualitas bagus.
    smg bermanfaat
    Anonymous said…
    pak gun, saya tika dr dulu saya berminat skli jualan bakso tp sebelum jualan saya beberapa X berexperimen buat sendiri bakso dengan bantuan tukang giling daging krn saya g punya mesin tp kok hasilnya baksonya kenyal tp tidak kress yang salah apa ya pak Mohon pencerahannya. berapa perbandingan yang tepat n kita gak rugi bwt jualan tsb terima kasih pak

    Popular Posts