TANPA GARAM MEMBUAT ADONAN BAKSO GAGAL

Garam dapur
sumber foto: bengkelbakso.com
TANPA GARAM MEMBUAT ADONAN BAKSO GAGAL, Hari ini bengkelbakso.com kedatangan peserta privat bakso bernama Bp. Imam dari Bogor, Hari pertama kami berdua belajar materi tentang cara membuat bakso.


Bp. Imam mengaku bahwa beliau sering lupa, kebiasaan lupa tersebut sering di sampaikan oleh karyawan beliau, kebetulan beliau adalah seorang pewira usaha yang cukup berhasil di bidang makanan ringan berbahan kentang. Dalam sehari beliau bisa memproduksi 80-100kg kentang untuk digoreng. Luar biasa Bp. Imam...salut.
Memasuki hari kedua kami banyak melakukan kegiatan praktek lapangan, dan saat meracik bumbu, kebetulan kami membuat dua resep yang berbeda, satu resep sesuai rencana, tetapi memasuki resep kedua, beliau terlupa menimbang GARAM.
Saat bahan bahan adonan mulai di mixer, ternyata hasil kedua resep adonan tersebut sangat berbeda. 
Yang menggunakan GARAM adonan bakso bagus seperti biasa, normal. 
Saat adonan kedua masuk MIXER, operator sudah memperingati bahwa bumbu tidak terdapat GARAM, saat itu saya menyuruh untuk terus di Mixer walaupun tanpa GARAM, dalam hatiku kesempatan mencoba, seperti apa adonan bila tanpa GARAM

Dan hasilnya.????????


Ternyata ADONAN BAKSO TANPA GARAM, tekstur adonan tidak sempurna, yang terlihat kasat mata adalah ADONAN TIDAK LENGKET seperti sedia kala.
Ketika adonan mulai dicetak dengan tangan, hasil pentol baksonya Ambyar tidak karuan, tidak bisa lengket bagus dan membentuk bola bola daging yang bagus.
Hihihi....Hancurlah uang 350 ribu demi sebuah percobaan...hihihi

Semoga pengalaman pak gun hari ini bersama bp. Imam, bisa mambawa manfaat bagi para pembaca setia situs bengkelbakso.com.

Tak lupa, silahkan tulis semua unek unek anda dikotak komentar.
terimakasih.

ditulis oleh : p. gun
www.bengkelbakso.com

ARTIKEL TERKAIT :





" Jika Anda ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Anda, mohon cantumkan sumber tulisan dari GUNAWAN BENGKELBAKSO.COM dan link aktif menuju artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut "

Comments

Unknown said…
mau tanya Pak Gun,apakah jumlah garam pada pada daging yg akan di giling akan mempengaruhi hasil adonan??? klw menambah kan garam lagi setelah daging di giling bisa merubah tekstur adonan nya ga Pak? mohon pencerahan nya untuk saya jg rekan2 yg lain,maklum saya pemula,baru bukan warung bakso 4bulan,selama ini saya masih bereksperimen & belum puas dengan hasil yg di dapat kan.. semoga bisa di bantu..salam kenal alfin di Bengkulu..
bengkel bakso said…
jumlah garam jelas berpengaruh di rasa maupun tekstur. penambahan garam dengan cara disusulkan, tdk terlalu membantu, adonan sudah terlanjur rusak.
semoga bermanfaat.
Unknown said…
Mau tanya nih. Pas lg giling bakso di pasar.. kaya ada buah nya gtu mirip kacang almond.. iru namanya apa ya..
Unknown said…
fungsi kentang pada adonan bakso
Saya kurang tahu itu apa pak
Maksudnya Tepung kentang atau kentang ya....?
Unknown said…
Mau tanya pak, kalo membuat baso urat caranya gimana ya pak?
dina said…
Bakso sy gagal ... sepertinya kelebihan tapioka dan rumput laut .. jdinya mlh seperti cilok ...
apa ada tips supya adonan sisanya bisa untuk buat bkso yg bagus ????
bengkel bakso said…
Dina, gagal belum tentu kelebihan tapioka atau rumput laut. kemungkinan bisa di dagingnya sdh rusak atau glonggongan, atau mesinnya kepanasan.

kalau sudah rusak bisanya paling jadi galantin untuk selat.

trims
Unknown said…
Itu buah pala mungkin
Antique Sale said…
Klo p3ntol baksonya jadinya keras dan serti mentah didalam itu krn apa.pdhl ngerebus pertama u pembuatan pentol. Dan godok lg saat akan dipakai brg buat kua. Krn apa ya keras dan sprt mentah didalam
Unknown said…
Lalu gmn cara mengolah adonan yg sdh rusak pak... Apa harus d buang.. mungkin ada cara lain pak..
Unknown said…
Kalo saya pake penyedap rasa royco garam sdikit ....dan adonan dlm ny pasti ada yg kosong dan mntah knapa tuh
Ramazanzadeh said…
Apakah bisa perbandingan Adonan Bakso 1 Kg Daging Sapi : 1 Kg Tepung Tapioka atau 5 : 5 dan hasil akan seperti apa..? apakah ada yg bisa share pengalaman.
Unknown said…
Bakso saya kurang garam, gimana cara agar bakso saya kerasa garem nya? Bisa ngga kalo di pentol nya dilumiri garam terus disimpan di kulkas ???
Unknown said…
Pak saya mau tanya, saya baru membuka gilingan bakso dan mesin nya pun masih baru terus tak coba 2 kali tiap nyoba gagal terus. Gagal nya di tekstur adonan yang terlalu lembek terus gak bisa dibuat bulat", dan hari kedua tak coba lagi dan ternyata adonan yang kedua malah terlalu cepat mengering di mesin nya. Apakah itu kesalahan di adonan atau di mesin nya? Mohon maaf jika berkenan saya minta penjelasan mengenai hal tersebut

Popular Posts