MEREK

MEREK
merek" BengkelBakso " di lindungi Undang Undang karena sudah terdaftar di departemen Hukum dan HAM RI dengan no. 501672 dan 494974 , Dilarang untuk meniru merek "BengkelBakso" sebagai Nama akun di facebook, twitter, instragram, youtube atau media sosial lainnya, juga untuk keperluan komersil, sebagai nama kedai, warung, restoran bakso, jasa penggilingan bakso atau kursus kuliner atau produk frozen makanan olahan. atau apapun yang berkaitan dengan aktifitas komersil. Customer Servise di 081329146879 bisa dengan WA atau SMS senin-sabtu, jam kerja 08.00-16.00 (minggu dan tanggal merah kami libur).)

Friday, September 30, 2016

CIRI CIRI DAGING SAPI SAKIT

Daging Sapi Topside
sumber foto : bengkelbakso.com
halo pembaca bengkelbakso.com yang saya cintai, lama sekali kami tidak keluarkan artikel. Hari ini kami ingin share hal penting tentang pembuatan bakso.
Kali ini saya akan membahas beberapa ciri ciri daging yang berasal dari Sapi sakit dan pengaruhya terhadap produk bakso kita.
sebelumnya kita harus pahami bahwa daging yang berasal dari sapi yang sakit tentunya kurang baik untuk di konsumsi dan juga tidak bagus untuk di buat bakso.


Pernah suatu kali ada alumni bengkelbakso.com sebut saja namanya bu Lutfi, yang membuat bakso dengan jumlah daging 15kg, cukup banyak, hasil bakso sangat mengecewakan, baksonya gagal total dan seperti kurang layak untuk di konsumsi, akhirnya beliau konsultasi dengan kami, dan kami sarankan untuk di buang saja. Rugi cukup banyak, tetapi begitulah bisnis, kita mau untung, harus mau juga kalau kena rugi.
Penasaran dengan hasil produksi yang sangat buruk, bu Lutfi menanyakan dengan karyawan tempat jagal sapi tersebut, dan jawabannya bikin kita agak shock, karena Sapi dalam kondisi sakit dipaksakan di sembelih untuk di jual dagingnya, sakit jenis apa juga kurang begitu yakin, tetapi dagingnya berair terus menerus, seperti sakit gondongan. 
Ini beda lho dengan sapi yang di Glonggongan (sapi sehat dikasih minum hingga kembung, terus di potong, alasannya untuk cari untung dari berat daging yang meningkat).

Pengalaman saya beberapa hari yang lalu juga agak beda, kali ini daging kelihatan merah cenderung hitam. Ini seperti daging yang matang. 
ketika dibuat bakso, hasil akhirnya tekstur juga ngedrop tidak sebagus biasanya, walaupun tidak parah banget. Usut punya usut, tanya ke Jagal sapinya, ternyata sapi sebelum di sembelih juga kurang sehat alias sakit.

Kesimpulan dari artikel ini cukup jelas, mohon bagi pedagang bakso di seluruh pelosok tanah air, agar lebih teliti ketika membeli daging sapi, agar tidak mengalami kerugian yang tidak kita inginkan.
hindari daging yang berair, berwarna merah cenderung kehitaman.

Semoga artikel ini bermanfaat.
terimakasih
di tulis oleh :
bengkelbakso.com

baca artikel lain:

MACAM-MACAM PENGENYAL BAKSO

TIGA JENIS MESIN YANG DIBUTUHKAN UNTUK MEMBUAT BAKSO

TIPS MEMBUAT BAKSO

5 CIRI DAGING SAPI GLONGGONGAN

No comments: