BAKSO SEKATEN DAN GANGSINGAN

Gangsingan dan kodok kodokan
sumber foto: bengkelbakso.com
Sekatenan adalah tradisi keraton Solo dan Jogja untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini berlangsung selama sebulan dan diakhiri dengan Gunungan Gerebek Maulud sebagai puncak prosesi.
Kapal otok otok
sumber foto: bengkelbakso.com
Acara tradisi ini selalu ku ikuti dari tahun ke tahun, sambil mengenalkan tradisi jawa ke anak-anakku.

Mainan tradisi seperti Gangsingan bambu, Kodok-kodokan, Kapal otok-otok dan Celengan,
selalu kubeli untuk  anak-anakku, sambil bercerita masa kecil ayahnya sangat menyukai mainan tradisi tersebut. Jaman sekarang, mainan anak-anak sudah sangat modern dan bagus-bagus, kalau tidak orang tua yang mengenalkan mainan tradisional tersebut, bisa punah tradisi kita.

Selain itu ada es dawet pak Mbolon yang sangat terkenal, dan juga Bakso Sekaten ikut meramaikan acara. Bercerita tentang Bakso Sekaten, ada salah satu pedagang Bakso Sekaten di Solo yang cukup kukenal yaitu pak Amir. Beliau adalah pemakai setia tepung bakso TJ.
Sambil menikmati bakso buatan pak amir, kami terlibat pembicaraan yang santai tentang suka duka usaha bakso sekaten.
Pak Amir
sumber foto: bengkelbakso.com
Pak Amir sudah menjalani berdagang Bakso Sekaten selama 16 tahun. Ternyata beliau tidak hanya berdagang Bakso di acara Sekaten, tetapi beliau berkeliling ke sejumlah acara tradisi dari Kudus, Sragen, Ngawi, madiun dll.
Saya menanyakan komposisi adonan bakso yang pak amir buat. Ternyata Pak Amir membuat komposisi adonan bakso kurang lebih dagingnya 50% dari berat total adonan. Sekali membuat adonan bakso beliau memakai Berat Total Adonan 8 kg, dari Berat Total Adonan 8 kg tersebut, bisa menjadi  115 mangkok bakso. Harga yang dipatok untuk semangkok Bakso Sekaten adalah Rp. 5000,-,
jadi untuk setiap 115 mangkok bakso bisa didapatkan uang = 115 x Rp. 5000,- = Rp. 575.000,-
Modal yang dikeluarkan pak Amir untuk membuat satu adonan tersebut kurang lebih Rp. 200.000,-. Modalnya kok sedikit pak? ternyata beliau mencampurkan Daging Sapi dan Daging Ayam untuk menekan ongkos produksi. Nah dari Satu kali berat total adonan 8 kg, beliau mendapat untung Rp. 375.000,-.
Padahal dalam Sehari semalam pak Amir bisa menjual 230-460 mangkok bakso. wouw luar biasa.
Itu belum dari untung penjualan Minuman, kata pak Amir.
Bisnis Bakso Sekaten seperti ini yang penting harganya murah, itu salah satu kuncinya, kata pak Amir. Disamping itu diperlukan Fisik Tubuh yang kuat, untuk berjualan siang dan malam di warung terbuka.
Trus kendalanya apa pak? tanyaku
Kendala utama adalah bila turun Hujan, pengunjung sangat berkurang. kata beliau.
Tak terasa cukup lama aku berbincang dengan pak Amir, kebetulan handphoneku berbunyi, dan ternyata anak-anak sudah selesai melihat Sirkus Lumba Lumba. Aku pamitan untuk menjemput anak-anakku.
Begitulah sedikit cerita tentang Bakso Sekaten.

Barangkali ada yang sering ke Sekaten, bisa berbagi cerita di sini.

ditulis oleh :
gunawan
bengkel bakso




" Jika Anda ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Anda, mohon cantumkan sumber tulisan dari GUNAWAN BENGKEL BAKSO dan link aktif menuju artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut "


BACA ARTIKEL LAIN :
  1. BELI RESEP BAKSO
  2. BAKSO BISA KRANCI
  3. BAKSO BIAR KRESS
  4. BAKSO DAN MAGIC
  5. APA ITU FIBRISOL
  6. BAKSO ENAK DI SURABAYA
  7. MACAM MACAM PENGENYAL BAKSO
  8. CASING SOSIS
  9. TIPS MEMBUAT BAKSO

Comments

Popular Posts