RAHASIA BAKSO TIDAK ENAK DI MAKAN KETIKA DINGIN


Sumber Foto: bengkelbakso.com
Kenapa Bakso enak di makan ketika masih panas ???
Kejadian ini bisa di jelaskan dengan ilmu fisika….
Hmmmm,,, semua itu berhubungan dengan konsep tegangan permukaan zat cair dimana permukaan zat cair yang memiliki kemampuan untuk menegang sehingga permukaannya tampak seperti selaput tipis. Apa yang mempengaruhi hal tersebut???
hal tersebut dipengaruhi oleh adanya gaya kohesi antar molekul air.
Nah, saat dingin bakso pasti terasa tidak enak. Jelas saja, karena pada saat dingin permukaan kuah bakso akan tampak seperti selaput. Hal ini disebabkan karena molekul cairan yang saling tarik-menarik… molekul cairan yang terletak di permukaan, ditarik oleh molekul cairan yang ada di samping dan di bawahnya yang menyebabkan gaya total mengarah ke bawah. Karena adanya gaya total ke bawah maka cairan yang terletak di permukaan cenderung memperkecil luas permukaannya, dengan menyusut sekuat mungkin. Hal inilah yang menyebabkan lapisan cairan pada permukaan seolah-olah tertutup oleh selaput elastis yang tipis.
Kenapa akan tampak seperti selaput tipis ketika dingin??? Karena ketika suhu meningkat (panas), molekul cairan akan bergerak semakin cepat sehingga pengaruh interaksi antar molekul cairan berkurang. Akibatnya nilai tegangan permukaan juga mengalami penurunan.

SUMBER TULISAN INI : AMALIA ANDINI'S BLOG


BACA ARTIKEL LAIN :
  1. BELI RESEP BAKSO
  2. BAKSO BISA KRANCI
  3. BAKSO BIAR KRESS
  4. BAKSO DAN MAGIC
  5. APA ITU FIBRISOL
  6. BAKSO ENAK DI SURABAYA
  7. MACAM MACAM PENGENYAL BAKSO
  8. CASING SOSIS
  9. TIPS MEMBUAT BAKSO

Comments

Popular Posts