APA ITU FIBRISOL?

Phospat blend FG
Sumber Foto: bengkelbakso.com
FIBRISOL sering digunakan sebagai pengenyal bakso. Selama ini pembuat bakso kurang tahu sebenarnya apa itu FIBRISOL. Pembuat bakso kalau ditanya komposisinya FIBRISOL, selalu menjawab tidak tahu.

Oke, karena banyak ketidak tahuan tentang FIBRISOL, Saya mencoba menjelaskan sedikit tentang FIBRISOL.
Baiklah.....

FIBRISOL adalah brand atau merek sebuah perusahaan dari Australia. Perusahaan ini memproduksi bermacam-macam generasi Phospat untuk berbagai aplikasi penggunaan. Salah satunya adalah Phospat yang digunakan untuk daging. Yaitu Sodium TripolyPhospat, Sodium Acid Piro Phospat, dan masih banyak lagi jenis phospat yang lain. Penggabungan dari berbagai phospat tersebut sering kita kenal dengan nama Mixphos atau Phosmix atau phospat blend.
Kenapa Phospat tersebut dicampur-campur atau istilah kerennya di Mix? jawabnya adalah,  karena masing-masing phospat tersebut mempunyai fungsi berbeda dalam struktur adonan bakso. 
Bergabungnya berbagai phospat diyakini akan  membuat tekstur bakso semakin bagus dan kompak.
Bila Phospat dicampur-campur, pasti akan ada yang namanya prosentase komponen campuran. Nah prosentase ini menjadi rahasia masing-masing perusahaan pembuat campuran phospat tersebut.
Nah sekarang pembaca sudah tahu tentang FIBRISOL. Jadi isi dari Pengenyal bakso FIBRISOL adalah Phosmix atau Mixphos atau Phospat blend juga.
Sebenarnya apa fungsi MIXPHOS?
Fungsi dari Phospat adalah mempertahankan air dalam daging agar tidak hilang, atau dengan kata lain mengikat air. 
Kalau fungsinya dalam adonan Bakso, dengan adanya Phospat akan mempertahankan kandungan air dalam adonan bakso, sehingga didapatlah tekstur BAKSO KENYAL yang disukai oleh konsumen penikmat kuliner bakso.

Apakah MIXPHOS diperbolehkan sebagai Bahan Tambahan Pangan (BTP)?
Jawabannya adalah Boleh, karena Phospat diperbolehkan sebagai BTP oleh BPOM RI.

Oke para pembaca, semoga artikel ini bermanfaat dan tiada gading yang tak retak, apabila tulisan saya ada yang perlu dikoreksi, saya mohon sharing dari para pembaca di kotak komentar.

dan bagi anda yang ingin mengetahui tentang macam-macam pengenyal bakso, bisa klik di sini.


Ditulis oleh Gunawan
www.bengkelbakso.com


" Jika Anda ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Anda, mohon cantumkan sumber tulisan dari GUNAWAN BENGKEL BAKSO dan link aktif menuju artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut "
  


Artikel terkait:


Comments

purnomo said…
saya pernah makan bakso, lapisan kulitnya keras/kenceng. Resepnya pakai apa ya supaya kulit bakso kencang?
terima kasih
Unknown said…
Allhamdulillah ber manfaat.maucoba
bengkel bakso said…
to purnomo
kulit bakso yg kencang/keras bisa dari jenis tepungnya. ada macam macam tepung di pasaran silahkan bisa di pilih. atau bis klik disini http://www.bengkelbakso.com/2010/12/bingung-memilih-tepung-untuk-bakso.html

to ahmad...semoga bermanfaat.
Unknown said…
Takaran penggunaan fibrisol dri 1000 gram adonan brapa pa. Mks....
Unknown said…
Apakah benar fibrisol dipergunakan karena pemakaian daging beku yg biasa Kita pakai tsb u/diolah,

Bukan Daging segar br potong.

Klo pake daging segar otomatis gak perlu pake fibrisol.

Popular Posts