CHITOSAN BAGI KESEHATAN

Chitosan Powder
Sumber foto : bengkelbakso.com
Chitosan yang berasal dari kulit udang maupun rajungan selain bisa mengawetkan makanan,  juga mempunyai manfaat bagi kesehatan kita. Sebagai pengawet Chitosan memang tidak sehebat benzoat atau sorbat (apalagi formalin),
tetapi manfaat lain untuk kesehatan kita sungguh berguna sekali.
kali ini bengkelbakso.com akan sedikit bercerita tentang Chitosan ini bagi kesehatan kita, dan bagaimana chitosan bisa membantu kita untuk menjaga kesehatan tubuh kita?
Chitosan adalah sebuah Polimer Glukosamin.
 trus apa artinya Polimer? 
Polimer adalah sebuah rantai yang sangat panjang, yang terbentuk dari monomernya (Glukosamin = monomer), jadi polimer glukosamin adalah sebuah rantai yang sangat panjang dari monomer glukosamin.
Jadi Chitosan (polimer glukosamin) mempunyai ukuran yang sangat besar.
Ketika Chitosan (polimer glukosamin) masuk ke dalam tubuh bersama makanan, maka chitosan tidak akan ikut masuk dalam aliran darah, chitosan tetap tertinggal di saluran pencernaan.
Kenapa chitosan tidak mau ikut masuk ke dalam darah?
Jawabnya : karena ukuran chitosan yang besar (polimer glukosamin), membuat chitosan tidak bisa masuk dalam saringan darah. sehingga tetap tertinggal di pencernaan dan akhirnya terbuang bersama kotoran tubuh lewat buang air besar.
Jadi apa istimewanya  si Chitosan ini, kan cuma karena ukurannya yang besar sehingga tidak bisa masuk ke aliran darah?
Baik saya akan jelaskan.
Istimewanya adalah, si Chitosan ini saat dipencernaan mampu MENGIKAT yang namanya LEMAK, jadi si Chitosan ini membuat LEMAK  terblokir, atau tidak bisa masuk dalam aliran darah. (Ingat ukuran Chitosan sangat raksasa sehingga tidak masuk darah), Tentunya ini cukup menguntungkan, karena LEMAK dalam darah cenderung membuat sumbatan, sehingga jantung kita bermasalah.
Untuk mengikat LEMAK, Chitosan membutuhkan cukup waktu, sekitar dua jam, Chitosan lebih baik ada dalam pencernaan satu jam sebelum makanan masuk. 

Jadi   Chitosan = blokir lemak

Manfaat lainnya adalah, ketika Chitosan (polimer glukosamin) bisa di putus rantai polimernya sehingga menjadi monomer glukosamin, maka monomer glukosamin ini bisa menjadi suplemen untuk memperbaiki kerusakan sendi (seringnya menyerang lutut, karena lutut adalah penopang beban terberat dari tubuh).
Kerusakan sendi sering disebut Osteo Artitis (OA). 

Nah itulah manfaat lain Chitosan bagi kesehatan tubuh, dan mungkin penelitian- penelitian lain akan segera menyusul untuk mengetahui manfaat lain chitosan yang masih tersembunyi.

ditulis oleh : p. gun
www.bengkelbakso.com

ARTIKEL YANG BERHUBUNGAN DENGAN CHITOSAN

Comments

Popular Posts