MEMPRODUKSI BAKSO VS MENJUAL BAKSO

peserta privat bakso di bengkelbakso.com
sumber foto : bengkelbakso.com
Dua kata yang sangat penting dalam berbisnis, apapun bisnisnya. MEMPRODUKSI BAKSO VS MENJUAL BAKSO. Ketika seseorang ingin berbisnis bakso, ada pertanyaan yang menggelitik yaitu, Menguasai proses MEMPRODUKSI BAKSO dulu atau menguasai proses MENJUAL BAKSO dulu?

Ada dua kelompok yang sering kuamati dalam komunitas bengkel bakso. 
Ketika seseorang akan memulai usaha bakso yang pertama dilakukan adalah :
Kelompok pertama : dengan langkah pertama mencoba terlebih dahulu Belajar MEMPRODUKSI BAKSO sampai bisa, kemudian mencoba untuk menjual produk bakso tersebut.

Kelompok kedua : Mencoba belajar MENJUAL BAKSO dulu, walaupun belum mampu MEMPRODUKSI BAKSO, Pewira usaha model ini, belajar dengan tekun segala hal tentang menjual bakso, menyangkut pemilihan lokasi usaha, pola-pola kebiasaan konsumen bakso, cara beriklan yang baik dan masih banyak hal lain.

Walaupun langkah pertama membeli produk bakso dari orang lain, Pewirausaha ini setelah menguasai market, baru belajar MEMPRODUKSI BAKSO sendiri.

Kedua kelompok di atas, ada yang berhasil tetapi ada juga yang gagal ketika mengarungi dunia wirausaha bakso. 

Lantas sebaiknya kita pilih jalur yang mana?
Kalau kita lihat selama ini Orang yang menguasai jaringan pasar adalah yang menang, jadi dengan kemampuan menjual yang mumpuni, sangat membantu ketika dihadapkan pada apapun produk yang akan dijual. 
mungkin slogan di bawah ini bisa membantu anda :
"Untuk apa bisa membuat Bakso  tetapi tidak bisa menjual produk Bakso tersebut"

hehehe 
tapi bagi ibu-ibu rumah tangga yang nggak jualan dan hoby membuat bakso sendiri, sorry slogan itu nggak berlaku, karena baksonya ya di santap sendiri tho p. gun hahaha

dari dua masalah tersebut keputusan akhir tetap pada teman-teman calon pewira usaha bakso.
semoga bermanfaat

di tulis oleh : p. gun
www.bengkelbakso.com 

" Jika Anda ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Anda, mohon cantumkan sumber tulisan dari GUNAWAN BENGKEL BAKSO dan link aktif menuju artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut "


BACA ARTIKEL LAIN :
  1. BELI RESEP BAKSO
  2. BAKSO BISA KRANCI
  3. BAKSO BIAR KRESS
  4. BAKSO DAN MAGIC
  5. APA ITU FIBRISOL
  6. BAKSO ENAK DI SURABAYA
  7. MACAM MACAM PENGENYAL BAKSO
  8. CASING SOSIS
  9. TIPS MEMBUAT BAKSO

Comments

Unknown said…
Begini lho, pak Gun! Saya ini kan penjual bakso keliling, apa yang harus saya lakukan agar bakso hasil buatanku tak kalah dengan yang ada di depot-depot. Yang ke dua, daging kan mahal pak Gun, apa solusinya biar kami pedagang kecil tetap jalan. Perkara resep dari blog pak Gun, udah saya coba dan hasilnya uuuwenak tenan. Salam seduluran , Sam Aji
bengkel bakso said…
salam seduluran juga mas sam aji,
bakso produksi mas harus diangkat ke prosentase daging yang dominan, rasa daging jadi dominan, shg nggak kalah dgn yg lain, tetapi pelayanan yg baik juga terus ditingkatkan.
daging mahal solusinya buat inovasi dengan menu menu baru yg tujuannya meragamkan harga, ada yg murah ada yang mahal harga semangkoknya, jadi pelanggan biar milih sendiri sesuai kantongnya.
semoga bermanfaat
p. gun
Unknown said…
Pak gun, saya berencana mau buka warung bakso, tp belum tau apa yg pertama harus saya lakukan, saat ini sya msh jd tkw d taiwan, dan 2bln lg mau pulang, mohon saranya..
terimakasih
bengkel bakso said…
utk mbak pipit di taiwan, semoga sehat selalu, untuk rencana bikin usaha bakso saya rasa bagus, besuk mbak pipiet kalau sudah pulang mungkin bisa telpon pak gun, untuk ngobrol ngobrol, atau mbak bisa ikut privat membuat bakso sapi di bengkelbakso.com.
semoga membantu
p.gun
ozi said…
salam kenal pak gun,saya ozi dari tulungagung,,, saya mau tanya daging yg pas buat bakso itu bagian yang mana?

bengkel bakso said…
pilihannya ya di paha belakang mbak, smg membantu.
ofi said…
mncoba comment...
klo menurut sy Pak Gun. Pengetahuan Cara Produksi Bakso Enak , lebih penting untuk dikuasai dulu. Bakso yg Enak mempromosikan dirinya sendiri
bengkel bakso said…
Untuk Ofi yang mencoba koment, komennya boleh juga hehehe

Popular Posts