KERESAHAN HATI SI TUKANG BAKSO

Hasil gambar untuk foto jangan takut

BAKSO MALAYSIA MEMBANJIRI PASAR INDONESIA, akhir akhir ini berita tentang hal tersebut menjadi topik yang hangat di bahas di berbagai media.
Lantas apa yang harus kita (produsen bakso lokal) lakukan?

Apakah kita diam, atau hanya mengeluh kepada pemerintah atau menyalahkan siapa saja? (kambing hitam)
Dengan adanya BAKSO MALAYSIA MEMBANJIRI PASAR INDONESIA,
"JANGAN TAKUT" 
produsen bakso Indonesia mau nggak mau harus SIAP, karena perdagangan bebas 2015 akan segera sampai. 
Langkah langkah apa yang bisa kita lakukan untuk menyongsong pasar bebas?
Langkah ini mungkin bisa jadi solusi,
Mulai sekarang kita harus bisa membranding produk kita, posisional produk bakso kita harus jelas.
Mari sekarang, kita terus menerus memperkenalkan bahwa "INDONESIA MEAT BALL" itu mempunyai keunikan dari segi cita rasa dan tidak kalah oleh Meatball dari negara negara lain. 
Lihat produk BAKSO SOLO dan  BAKSO MALANG, keunikan cita rasa bakso dari kedua daerah tersebut sangat khas, bahkan bisa dikatakan sangat di gemari oleh pecinta bakso tanah air.
Dengan posisional produk yang jelas, branding terus menerus, masyarakat kita pastilah condong untuk memilih produk produk lokal. Cinta produk sendiri hemnnn (mungkinkah?)
Jadi ketakutan kita akan dibanjiri produk produk MEATBALL dari negara asing, harus disikapi dengan tindakan nyata yang jelas, ayo kita bekerja membangun produk bakso kita, 
Ayo teman teman, bangun dari tidurmu,
kerja......kerja........kerja
kita bisa melakukan beberapa hal ini:
1. Produk bakso harus lebih higienis dan halal. lembaga seperti BPOM dan HALAL MUI bisa menjadi mitra yang sangat diperlukan untuk mensertifikasi produk bakso kita.
2. Produsen bakso kita harus mempunyai Inovasi yang bagus untuk membuat produk bakso yang berkualitas. tentunya masih dalam koridor bakso sehat dan halal.
3. Peran pemerintah untuk membantu pengadaan bahan baku Daging dengan harga kompetitif dan berkualitas bagus....syukur syukur bisa SWASEMBADA DAGING, jadi tidak tergantung dari negara lain.
Sehingga ekonomi kerakyatan bisa bergerak. Ada yang menjadi Peternak sapi, ada yang berbisnis Rumah Potong Hewan, ada yang membuat bakso, ada yang membuat tepung untuk bakso, ada yang menanam sawi, ada yang menanam bawang putih, ada yang menanam merica, ada yang berbisnis jasa Penggilingan daging. Semua bergerak, semua dapat pekerjaan, Ingat jumlah rakyat Indonesia sangat besar mungkin 250-280 juta jiwa, mereka bisa dikatakan banyak yang gemar makan bakso, dari anak kecil sampai orang tua hoby makan bakso. Pasar dalam negri adalah pasar yang sangat besar, bahkan negara negara asing NGILER melihat potensi pasar Indonesia. mengapa kita tidak melihat semua peluang ini.

Pemerintah Indonesia harus berpihak ke rakyat, itulah fungsi sesungguh Penguasa (pemerintah). Kenapa negara ini didirikan, karena ingin mensejahterakan rakyatnya..ingat UUD negara kita pasal 33. (baca sendiri ya, kalau nggak salah saya belajar waktu masih SD). Jangan sampai Pemerintah malah berpihak ke Negara Asing.  
Saya sedih mendengar tentang Impor Daging Sapi yang di Korupsi, Saya sedih melihat Ketua MK di ciduk KPK, Saya sedih melihat semua itu.
Dunia Politik kita itu tujuan utama "Menguasai Negara" (menang Pilkada, menang pileg, menang Pilpres), Sehingga bisa memegang amanat rakyat dan duit rakyat.
Mereka sang penguasa (pemenang pilkada, pileg, pilpres) Sudah teken kontrak dengan rakyat, "pendapatan negara" itu dikembalikan untuk rakyat lagi dengan kebijakan kebijakan yang cantik, kebijakan yang tentunya untuk kesejahteraan rakyat seluruh negri tercinta menjadi lebih baik.

ehhh la dalahhh...kok duit rakyat digunakan untuk memperkaya diri dan kelompok.

Tetapi saya bisa apa???????
Pangkatku cuma "tukang bakso"
Aku hanya bisa menulis di blogku www.bengkelbakso.com ini, tentang segala keresahan hatiku.
Mulutku sampai berbusa busa , tanganku sampai pegel menulis tetapi segala keresahan hati ini tak pernah ada solusinya. Pilkada demi pilkada, pileg demi pileg, pilpres demi pilpres sudah sering kulewati, tetapi sama saja...
doaku semoga tahun depan ini 2014 ada pergantian pemimpin nasional, terpilihlah pemimpin yang bisa mengatasi semua masalah kronis bangsa ini, sehingga semua keresahan si tukang bakso ini ada solusinya. Aminnnnnn

Lho aku kok malah ngelantur ngomongin negara hehehe
sory ya bos bos, kalau ada tulisanku menyinggung dan ada yang kurang berkenan. (bercanda bos)

Kembali ke laktop.....

Intinya kita produsen bakso berjuang sendiri, dengan modal kepintaran kita, ingat anak bangsa kita banyak yang pinter lho, juara dunia matematika, juara fisika, juara kimia dan juara apalagi saya lupa. Contohnya pak habibie, beliau pinter banget kan hehehe
Ayo kita manfaatkan potensi diri kita untuk mengembangkan "INDONESIA MATBALL" agar lebih mendunia.


ditulis oleh p. gun 
www.bengkelbakso.com

BACA ARTIKEL LAIN :
  1. BELI RESEP BAKSO
  2. BAKSO BISA KRANCI
  3. BAKSO BIAR KRESS
  4. BAKSO DAN MAGIC
  5. APA ITU FIBRISOL
  6. BAKSO ENAK DI SURABAYA
  7. MACAM MACAM PENGENYAL BAKSO
  8. CASING SOSIS
  9. TIPS MEMBUAT BAKSO

Comments

k.u. said…
Baso tasik juga ok loh pak gun
hidup Indonesian meatball
zidan said…
saya berdomisili di Malaysia lebih 20 tahun tapi tidak ada meatball/bakso se-kress indonesia dan kalo pulang kampung yg saya tuju pasti warung bakso pak gio solo (alamat Kudus) jangan takut dgn bakso malaysia..

Popular Posts