BAKSO BERWARNA GELAP JIKA DI FRIZZER

sumber foto : bengkelbakso.com
Kita sering menyimpan bakso dalam frezzer, bakso yang dalam komposisi pembuatannya tidak menggunakan pemutih makanan cenderung berwarna gelap. 
Sebenarnya hal ini normal saja, karena
terjadi penyusutan, sehingga permukaan bakso agak mengkerut, ketika bakso mengkerut permukaannya, maka kesannya berwarna agak gelap atau kurang cerah, tetapi jika kita rebus kembali bakso tersebut, terjadilah pengembangan sehingga permukaan bakso yang semula mengkerut jadi kencang kembali, warna bakso akan cenderung lebih cerah dibandingkan saat bakso beku di dalam frezzer. 
Jadi no problem, gelap, hitam, tetapi naturalnya memang seperti itu.

Ada salah satu murid saya bernama bp. Rudi (pontianak) mencoba membandingkan kecerahan warna bakso ketika beku dengan melakukan variasi perlakuan saat preparasi daging. beliau menyimpulkan bakso yang bahan daging sapinya di cuci dulu dgn air, dibandingkan bahan daging sapi tidak di cuci. ternyata ada perbedaan terhadap kecerahan warna bakso.
ketika sama sama di simpan di Frezzer, Bakso yang bahan dagingnya dicuci air terlebih dahulu ternyata lebih cerah warnanya ketika di bandingkan dengan bakso yang bahan dagingnya tidak di cuci air terlebih dahulu. Ini hal yang cukup menarik.

Tetapi sejauh ini saya belum pernah mencoba apa yang telah dilakukan bp. Rudi.
Barangkali ini perlu di buat percobaan lebih lanjut untuk melihat apakah akan terjadi perubahan pada tekstur yang lain, selain kecerahan, misal kekenyalan, kepadatan maupun kerenyahan.

Terimakasih
Semoga artikel ini membawa manfaat bagi kita semua, saya tunggu sharing pembaca dengan menulis di kotak komentar.

Ditulis oleh : p. gun
www.bengkelbakso.com

" Jika Anda ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Anda, mohon cantumkan sumber tulisan dari GUNAWAN BENGKEL BAKSO dan link aktif menuju artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut "


BACA ARTIKEL LAIN :
  1. BELI RESEP BAKSO
  2. BAKSO BISA KRANCI
  3. BAKSO BIAR KRESS
  4. BAKSO DAN MAGIC
  5. APA ITU FIBRISOL
  6. BAKSO ENAK DI SURABAYA
  7. MACAM MACAM PENGENYAL BAKSO
  8. CASING SOSIS
  9. TIPS MEMBUAT BAKSO

Comments

Unknown said…
Gimana cara agar warna bakso yg sudah jadi saat kita masukkan kedalam panci tidak berubah warna. Terima kasih

Popular Posts