Thursday, February 2, 2012

PEMUTIH MAKANAN PADA BAKSO


Dengan menambahkan PEMUTIH MAKANAN PADA BAKSO Pedagang bakso menginginkan warna bakso lebih putih tampilannya, sehingga lebih percaya diri ketika menjual bakso.
PEMUTIH MAKANAN PADA BAKSO apakah sangat penting untuk produk bakso?
Saya kurang begitu setuju dengan penambahan  PEMUTIH MAKANAN PADA BAKSO, karena menurutku warna natural bakso yang abu-abu sudah sangat menarik, dan tentunya lebih natural dan aman..hehehe setuju nggak pembaca?


Nah kadangkala pedagang bakso kurang senang dengan warna bakso yang agak hitam gelap.
Sebenarnya apa penyebab warna yang gelap pada bakso?
Sejauh  pengamatanku penyebabnya adalah penambahan tepung sagu aren yang  berkualitas rendah (tepung sagu aren dengan banyak pengotor) memberikan efek warna gelap pada produk bakso.  Nah untuk mengatasi warna gelap pada bakso, pilihlah tepung sagu aren yang berkualitas baik.
Ada sebagian orang berpendapat bila kecerahan produk bakso dipengaruhi juga  oleh pigmen warna pada bahan baku daging sapi. Kata sebagian orang, beda daerah Asal sapi yang akan di potong, maka warna dagingnya juga berbeda-berbeda....
Kalau ada yang punya pendapat lain silahkan sharing di kotak komentar ya


Kembali ke masalah di atas sebenarnya apa nama PEMUTIH MAKANAN PADA BAKSO itu? 
dan satu pertanyaan lagi berbahayakah PEMUTIH MAKANAN PADA BAKSO?

Mari kita simak gambar berikut :
Anatase Titanium Dioxide--Food Grade

















Sumber gambar:   Shanghai Nanling Chemical Products Co., Ltd.

Product Description
Product: Titanium Dioxide
Specification Food Grade High Dispersivity
Index TiO2 Min 98.5 %
Heavy Metal contents Plumbum (as Pb) Max 20 mg/kg
Arsenic (as As) Max 8 mg/kg
Barium (as Ba) Max 5 mg/kg
Mercury (as Hg) Max 1 mg/kg
Antimony (as Sb) Max 50mg/kg
Moisture Max 0.5 %
Water soluble substances Max 0.5 %
Acid soluble substances Max 0.5 %
PH 6.5-7.5
Dispersivity 98 %

Usage Food additives titanium dioxide (white pigment) Instructions for use: Nonpoisonous, tasteless, white powder, brightening food and shielding ultraviolet ray. Mainly used in brightening sweetcoating, sugarcoating of pill, candied fruit, non-carbonic acid beverage, chewing gum, solid beverage, concentrated beverage, capsule, aquatic product, etc. Storage method: In cool and dry place, avoiding sunshine.

Gambar di atas merupakan PEMUTIH MAKANAN PADA BAKSO dengan nama TITANIUM DIOXIDE, rumus kimianya TiO2.
Produk ini buatan China, produk ini termasuk jenis food grade atau boleh untuk makanan dengan dosis tertentu yang masih diperbolehkan.
Walaupun TITANIUM DIOXIDE termasuk jenis foodgrade, tetapi saya tetap lebih nyaman dengan produk bakso yang tidak ditambah dengan pemutih.

Lebih baik baksonya agak hitam manis hehehehe

Nah bagi yang selama ini memakai PEMUTIH BAKSO dan kurang mengerti nama kimia dari PEMUTIH BAKSO tersebut, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Ditulis oleh Gunawan

www.bengkelbakso.com

7 comments:

Anonymous said...

Bagaimana Cara dan brp ukuran untuk pemutih Bakso ?

A Gunawan Sutanto, S.Si said...

Cara pakainya, dicampur dengan tepung bisa, ukuran pakainya sgt sedikit 0.1% dari berat total adonan.

alan suryono said...

menurut saya pak gun..penggunaan pemutih itu hanya untuk menarik minat pembeli...istilah bahasa inggrisnya..."pentole ben ketok ayu"
jadi orang yang melihat jaditertarik..tapi itu juga khusus di bakso ayam dan ikan cumi..dan tentu ada aturan pemakaiannya..untuk bakso sapi tidak perlu menggunakan pemutih..lebih menarik dan bagus warna asli sapinya...dan pendapat tentang warna daging sapi,menurut saya sama semua...merah dagingnya...kecuali daging sapi yang namanya empok..itu pasti agak putih...jadi asal sapi dari mana tidak berpengaruh di warna daging menurut saya.dan menurut saya daging kuwer lebih bagus untuk bakso...

begitu pak gun pendapat saya..makasih

A Gunawan Sutanto, S.Si said...

terimakasih atas pendapatnya mas Sur, ngomong-ngomong daging Kuwer itu letaknya disebelah mana? hehehe aku nggak tahu Kuwer hehehe?

Aina said...

saya skarang ini mencoba bisnis berdagang bakso ikan dan bakso dari daging kepiting...klo bleh tanya dimana bisa membeli tepung pemutih makanan untk dicmpur daging ikan biar hasilnya putih dan gk gelap..terus apa nama pemutih makanan itu..trimakasih.

A Gunawan Sutanto, S.Si said...

saya kurang tahu belinya untuk daerah mbak aina, kalau namanya Titanium dioxide FG

Yusuf Anshori said...

Pak Gun, apakah ada bahan pengganti yang alami nya? Mohon sarannya jika ada. terimakasih