BAKSO BIAR RENYAH

MIXER BAKSO
Sumber Foto : bengkelbakso.com
BAKSO BIAR RENYAH memang merupakan tekstur yang dicari oleh pembuat bakso, lantas bagaimana caranya agar BAKSO BIAR RENYAH?
Untuk menjawab agar BAKSO BIAR RENYAH memang mesti lewat percobaan percobaan yang sistematis dan terukur. Bagi pemula mungkin agak susah untuk membuat BAKSO YANG RENYAH, tapi jangan mudah putus asa, karena modal utama untuk membuat BAKSO BIAR RANYAH adalah kegigihan kita untuk bereksperimen
dan mencatat apa yang telah kita eksperimenkan.
Untuk membuat BAKSO YANG RANYAH kuncinya adalah Prosentase daging dalam adonan mesti besar, kira-kira 80% ke atas. Sebaliknya Kalau adonan Bakso komposisi tepungnya banyak, agak susah untuk mendapat tekstur bakso yang renyah.
Biasanya pembuat bakso sudah bisa mendapat tekstur kenyal karena sudah memakai pengenyal, tetapi tektur renyah nya yang belum dapat dicapai.
Selain prosentase daging dalam adonan yang cukup tinggi, pemilihan daging yang berkualitas juga sangat berpengaruh, sebisa mungkin preparasi dagingnya sebelum digiling, dengan cara membuang bagian lemak dan urat yang keras.
Lama waktu mengadon dan penambahan es, juga sangat berpengaruh terhadap tekstur bakso. 
Mesin penggiling dan mixer pencampur adonan juga mempunyai andil yang besar dalam pembuatan bakso, biasanya menyangkut setingan mesin dan putaran mesin. Mesin  bakso yang setingan mesinnya kurang baik, produk baksopun jadi kurang optimal. Ciri-ciri mesin bakso yang kurang bagus, biasanya timbul panas berlebih dan tanpa sadar operator membutuh es dalam jumlah yang banyak untuk menutup panas mesinnya.
Selain itu, hasil adonan kurang halus dan lembut, hal ini disebabkan jarak antara pemukul dan permukaan wajan untuk mengadon terlampau jauh, untuk mengatasinya mesin tersebut perlu seting ulang.
Untuk mendapatkan tekstur kenyal dan RANYAH ternyata rumit  juga ya. hehehe
Jangan putus asa, terus mencoba.......


Ditulis oleh gunawan
www.bengkelbakso.com 


Artikel terkait :


" Jika Anda ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Anda, mohon cantumkan sumber tulisan dari GUNAWAN BENGKEL BAKSO dan link aktif menuju artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut "


 

Comments

Popular Posts