MEREK

MEREK
merek" BengkelBakso " di lindungi Undang Undang karena sudah terdaftar di departemen Hukum dan HAM RI dengan no. 501672 dan 494974 , Dilarang untuk meniru merek "BengkelBakso" sebagai Nama akun di facebook, twitter, instragram, youtube atau media sosial lainnya, juga untuk keperluan komersil, sebagai nama kedai, warung, restoran bakso, jasa penggilingan bakso atau kursus kuliner atau produk frozen makanan olahan. atau apapun yang berkaitan dengan aktifitas komersil. Customer Servise di 081329146879 bisa dengan WA atau SMS senin-sabtu, jam kerja 08.00-16.00 (minggu dan tanggal merah kami libur).)

Monday, December 17, 2012

DAGING BABI BEREDAR DI JAKARTA, APA TINDAKAN KITA?

Hasil gambar untuk foto babi
sumber foto: bibitbabi.blogspot.com
DAGING BABI BEREDAR DI JAKARTA, Hal ini terungkap dan banyak di beritakan di media.
Pemicu beredarnya daging babi di Jakarta, karena mahalnya harga daging sapi di pasaran,
hal ini memicu pedagang bakso yang tidak bertanggung jawab mengoplos daging sapi dan daging babi.
Sebenarnya DAGING BABI BEREDAR DI JAKARTA oleh  pedagang bakso yang nekat mengoplos daging babi dan daging sapi tersebut, membuat  kita (komunitas perbaksoan di tanah air) semakin terpuruk, omzet penjualan hampir semua pedagang bakso turun drastis.
Bisa dikatakan dengan adanya DAGING BABI BEREDAR DI JAKARTA dan di oplos dengan daging sapi ini, merupakan sebuah pukulan telak bagi para pengusaha bakso di tanah air.
Tapi kita komunitas perbaksoan jangan sampai patah semangat, walaupun dalam hati kita sangat jengkel dengan ulah pedagang bakso nakal tersebut, yang diperlukan sekarang ini adalah tindakan kongkret kita untuk mengatasi kelangkaan daging sapi dan harga daging sapi yang semakin melambung ini.
Saya mengusulkan kepada komunitas pedagang bakso di tanah air, sementara ini untuk lebih kreatif. 

Mengapa harus mengoplos daging sapi dengan daging babi untuk menekan harga pokok produksi?


sebenarnya ada opsi lain, yaitu : 


kita bisa mengoplos daging sapi dengan daging ayam atau akhir-akhir ini sering disebut daging ayam MDM 

kisaran harganya cuma 20rb/kg, sehingga harga pokok produksi bisa ditekan rendah. Masih Halal, dan tidak merugikan umat (Muslim). Tinggal komunikasi atau cara kita menyampaikan ke konsumen tentang bahan baku daging sapi + daging Ayam yang kita pakai tersebut.
Lihat ilustrasi berikut,


MDM mempunyai keunggulan warna daging ayamnya merah sama dengan warna daging sapi. Sebagai perbandingan harga daging sapi 60.000/kg (sekarang 90.000/kg) sedangkan MDM 20.000/kg. Menghemat lebih dari 60% harga kebutuhan pokok daging pembuat bakso.

Pedagang bakso menggiling daging sapi 50 kg per hari
50 kg x 90.000 = 4.500.000
disubstitusi dengan MDM 30%
daging sapi  35 kg x 90.000 = 3.150.000
MDM           15 kg x 20.000 =    300.000
                                            --------------- +
                                                 3.450.000

Ada penghematan 1.050.000/hari
                                              
Walaupun dari segi cita rasa bakso dengan tambahan daging ayam, tidak akan sesedap bakso yang bahan bakunya full daging sapi. Tetapi setidaknya kita lebih kreatif dan tetap halal.

Semoga ide tersebut bisa membantu para pedagang bakso ketika terjadi kelangkaan daging sapi, serta melambungnya harga daging sapi yang jelas jelas menggerus margin keuntungan dari para pedagang bakso.


Mungkin dari pembaca mempunyai ide kreatif yang lain, sehingga bisa mengatasi masalah melambungnya harga daging sapi?

silahkan tuangkan ide anda di kotak pembaca.

ditulis oleh : p. gun

www.bengkelbakso.com


Artikel terkait:

1 comment:

Su Hirman said...

Setelah saya membaca di blog. BengkelBakso.com tenyata banyak artikel tentang bakso dan tipsnya yang bermanfaat, semoga bagi pembaca dan dan komunitas pedagang bakso atau para pecinta bakso dapat berbagi ilmu dan pengalamanya. menanggapi berita Daging babi beredar di Jakarta, apa tindakan kita?
Menurut saya bagaimana ulah sebagian pedagang bakso yang mencampur baksonya dengan daging babi membuat resah masyarakat apalagi dampaknya sangat berpengaruh sekali bagi para pedagang bakso di seluruh Indonesia termasuk saya, walaupun saya pedagang bakso keliling namun berita yang beredar akhir-akhir ini membuat para pedagang bakso omzet/penjualan nya semakin turun
tapi saya tetap optims dan yakin akan kembali normal lagi, tapi untuk meyakinkan pelanggan atau konsumen bakso saya meyakinkan bahwa bakso yang saya jual Halalalan toyiban,karena yang saya pakai adalah daging sapi asli dan daging ayam filet juga tetelan /Urat sapi. jadi bagaimana kita meyakinkan konsumen bahwa bakso yang di jual adalah halal karena kita cari uang yang halal.karena macam-macam bakso banyak dari bakso sapi, bakso ayam, bakso jamur, bakso ikan dan msih banyak jebnis bakso lainya. Terima kasih.