PENGEMBANG BAKSO

Hasil gambar untuk foto soda kue
Na-Bikarbonat
foto: blog-ilma.blogspot.com
PENGEMBANG BAKSO, istilah yang dipakai untuk bahan yang mampu untuk membuat bakso mekar.
Tetapi sayang PENGEMBANG BAKSO kadang kala cuma sesaat mengembangnya
yaitu ketika bakso sedang panas, karena kemudian ketika dingin bakso sangat cepat menyusut.
Kemudian bahan tambahan apa saja yang bisa membuat bakso mengembang ?
BERBAGAI MACAM PENGEMBANG BAKSO  :
artikel ini dari www.bengkelbakso.com

  1. Natrium bikarbonat adalah senyawa kimia dengan rumus NaHCO3. Dalam penyebutannya kerap disingkat menjadi bicnat. Senyawa ini termasuk kelompok garam dan telah digunakan sejak lama. Senyawa ini disebut juga baking soda (soda kue), Sodium bikarbonat, natrium hidrogen karbonat, dan lain-lain. Senyawa ini merupakan kristal yang sering terdapat dalam bentuk serbuk. Natrium bikarbonat larut dalam air. Senyawa ini digunakan dalam roti atau kue karena bereaksi dengan bahan lain membentuk gas karbon dioksida, yang menyebabkan roti "mengembang".(wikipedia) Sering digunakan dalam pembuatan bakso, dengan maksud bakso lebih mengembang karena ada gelembung-gelembung kecil dalam tektur bakso yang disebabkan oleh pembentukkan gas CO2. Pori-pori kecil dalam tektur bakso tersebut bisa menyerap kuah bakso, sehingga menyebabkan bakso lebih terasa bumbunya dan semakin enak. Pemakaian dalam adonan bakso relatif sedikit sekitar 0.2% dari berat total adonan.
  2. Na2CO3 atau sering di sebuat Natrium Karbonat atau juga sering di sebut Soda As. Bahan ini juga bisa membuat bakso mengembang, prinsip kerjanya sama dengan Sodium bikarbonat.

Karena Mengembangnya SEMU dan tidak permanen, maka kami jarang menggunakan PENGEMBANG BAKSO di atas, dan ada efek lain yaitu taste (rasa) bakso agak terasa pahit dan getar.
Semoga artikel ini bermanfaat, dan bila ada pengembang bakso yang lain, mohon para pembaca untuk sharing di kotak komentar.



Ditulis oleh : 
p. gun


" Jika Anda ingin mempublikasikan kembali tulisan ini di website atau blog Anda, mohon cantumkan link aktif menuju artikel yang bersangkutan termasuk semua link yang ada di dalam artikel tersebut "



ARTIKEL TERKAIT :

Comments

Unknown said…
Pak Gun,di bengkel bakso ada menjual pengembang bakso ga' Pak?? kalau ada saya mau pesan,trims.. salam kenal alfin di bengkulu
wirah said…
artikel ini bagus sekali, karena sangat jelas, agar artikel ini lebih lengkap , kiranya perlu didiamkan berapa lama untuk mengembangkan adonan bakso? thx
hadiprayitno said…
gan kalau ada buku resep lebih bagus saya akan beli untuk ke papua
Unknown said…
Kenapa bakso ikan saya lengket setelah mateng
Unknown said…
Ok baik lah.. Terima kasih pak gun

Popular Posts