BAWANG PUTIH UNTUK BUMBU BAKSO

Bawang Kating
sumber foto:
Triawulandari92.blogspot.com
Bawang putih adalah salah satu bumbu yang sangat penting pada pembuatan bakso, ada dua perlakuan yang sering di lakukan oleh para pembuat bakso. Perlakuan yang pertama adalah bawang putih yang dibiarkan mentah langsung dicampurkan pada adonan bakso.
Perlakuan kedua adalah bawang putih digoreng terlebih dahulu baru diikutkan pada adonan bakso. 
Kelebihan Cara yang pertama yaitu bawang dibiarkan mentah adalah minyak minyak atsiri yang terkandung dalam bawang yang menimbulkan aroma harum masih utuh atau belum berkurang karena terkena minyak goreng. Minyak atsiri adalah minyak yang mudah terbang atau menguap. 
Untuk cara yang kedua Bawang putih digoreng terlebih dahulu, kelemahannya banyak minyak atsiri yang terkandung di dalam bawang putih sebagian sudah terbang atau hilang.
Tetapi untuk memilih perlakuan yang terbaik tetap kita serahkan pada masing masing pembuat bakso.


Bawang Sin Chung
sumber Foto:
febriekaseven.blogspot.com
Bawang Putih biasanya di import dari china.
China memiliki dua jenis bawang unggulan yang berbau harum semerbak, yaitu jenis Kating dan Sin Chung. Sejak lama kedua jenis bawang ini masuk ke Indonesia dan banyak dikonsumsi masyarakat.
Bawang putih Kating, umumnya berbau lebih menyengat dibandingkan jenis bawang putih lainnya. Bahkan bawang ini banyak disukai orang, karena bisa membuat masakan jadi lebih sedap. Ukuran bawang putih Kating cenderung lebih besar, dan kulit luarnya putih bersih, bagian dalamnya cenderung basah dan padat.

Sedangkan bawang putih Sin Chung yang juga di impor dari China. Ciri-cirinya juga tak berbeda jauh dengan bawang putih Kating. Namun ukurannya sedikit lebih kecil jika dibandingkan dengan kating. 
Kedua jenis bawang putih ini dapat mudah didapatkan di pasaran. Bahkan di daerah-daerah pulau jawapun banyak yang menggemari. Meskipun kualitasnya lebih baik dari produk lokal, namun penjualan bawang putih lokal tak kalah laris dengan produk impor.


Semoga dengan artikel ini, bisa menambahkan manfaat bagi pembaca situs bengkelbakso.com



Artikel terkait :

Comments

Popular Posts