MEREK

MEREK
merek" BengkelBakso " di lindungi Undang Undang karena sudah terdaftar di departemen Hukum dan HAM RI dengan no. 501672 dan 494974 , Dilarang untuk meniru merek "BengkelBakso" sebagai Nama akun di facebook, twitter, instragram, youtube atau media sosial lainnya, juga untuk keperluan komersil, sebagai nama kedai, warung, restoran bakso, jasa penggilingan bakso atau kursus kuliner atau produk frozen makanan olahan. atau apapun yang berkaitan dengan aktifitas komersil. Customer Servise di 081329146879 bisa dengan WA atau SMS senin-sabtu, jam kerja 08.00-16.00 (minggu dan tanggal merah kami libur).)

Thursday, December 30, 2010

BINGUNG MEMILIH TEPUNG UNTUK BAKSO?

Tepung bakso merek  TIJAR
Sumber foto: bengkelbakso.com
Tepung untuk bakso memang beragam, para pembuat bakso ada yang hanya pakai tepung tapioka, ada yang hanya pakai tepung sagu. Tidak sedikit yang memakai campuran antara tepung tapioka dan tepung sagu. banyak yang bingung memilih tepung untuk membuat bakso.
Sedikit tips memilih tepung bakso,
Sebenarnya setiap jenis tepung mempunyai karakter yang berbeda. Tepung Sagu, Tapioka, tepung jagung  dan lain-lain, sebenarnya mempunyai karakter yang berbeda-beda.
Tepung yang mempunyai daya serap tinggi terhadap air, merupakan tepung yang baik untuk membuat bakso.
Kebalikannya tepung yang kurang mempunyai daya serap terhadap air , menyumbangkan model adonan bakso yang kurang baik, tektur bakso cenderung lembek.

Sebenarnya untuk membuat tektur bakso yang kenyal, tahap awalnya harus benar memilih tepung yang akan digunakan, tahap selanjutnya adalah diperkuat dengan penambahan pengenyal bakso yang baik dan tentunya pengenyal bakso tersebut food grade.

Bila dua tahap ini telah dijalankan dengan baik, maka tektur adonan bakso yang kenyal pasti kita dapatkan.

LANJUT YANG KE-3




Artikel terkait :



20 comments:

ghaida rahima shop said...

kalau menggunakan tepung aren bagus tidak pak? untuk standar jualan, maksimal daging berapa %? 60% masih enak ndak?terimakasih

ghaida rahima shop said...

bagaimana dengan tepung aren? untuk standar jualan, tepung 400gr/1kg daging masih enak tidak? terimakaasih

A Gunawan Sutanto, S.Si said...

enak dan tidak itu relatif, standar jualan ada yang menyasasr segmen atas ada yang menyasar segmen tengah kebawah....jadi saya agak bingung menjawabnya hehehe

teguh wijaya said...

salam kenal om..
ada rekanan yang jual tepung bakso TJ, di bali?

BENGKEL BAKSO said...

di bali blm ada om, msh dipaketkan dari solo.

novy said...

Kalau buat bakwan goreng lebih baik menggunakan tepung sagu atau kanji

BENGKEL BAKSO said...

bakwan goreng, penggunaan tepung itu sangat flexibel. tergantung tekstur yang hendak di capai. bila ingin adonannya liat lengket ya pakai tapioka. bila ingin mencampur tapioka dan sagupun tidak masalah juga.

Irfan Setyawan said...

Beda tapioka dg sagu aren pda adonan bakso gmn? Dan apa sih sbnarnya fungsi maizena pada adonan bakso? Nuwun

kiki fe said...

Beli tepung baksonya gimana? Sy domisili di kota semarang, tks

BENGKEL BAKSO said...

untuk Pak Irfan: Tapioka karakternya lengket, ngaret agak lunak.
sagu aren karakternya padat dan agak patah.


utk kiki: beli tepung bisa lihat di cara order.

susana galilei said...

selamat pagi pak saya telah membeli tepung tj di tempat penggilingan bakso pulogadung kemasan 200gr pertanyaanya apakah tepung tj bisa langsung diaplikasikan ke adonan atau harus tetap dicampurkan dengan tepung tapioka dengan perbandingan tertentu terima kasih

Pipind Silvianda said...

Klo mau jual bakso bakar keliling yg dijual rp.1000/tusuk, itu menggunakan tepung apa yah, kalo ayam 1kg, berapa berat tepung dikasih, ada yg bilang gunakan tepung terigu jugaaa..

Pur Wanto said...

Gmn cara menghilangkan rasa tepung pd bakso...setiap kali coba pasti gagal...trus tepung yg biasa di pake apa ya pak?

Rumah Mode Adinda said...

Pak..apakan menjual tepung modifikasi utk.bakso??

Robit Tornado said...

Pak klo di sulawesi adanya tepung sagu yg masih padat kli yg bubuk blom ada kayak di jawa'gmana pak bisa buat bakso apa gak?

BENGKEL BAKSO said...

utk susan galilei ..tepung TJ tidak bisa berdiri sendiri, harus tetap numpang di tepung utama tapioka. perbandingan terserah masing masing user...saarn 50:50.

utk pipind silvianda...untuk jual 1rb/tusuk rata rata pakai tapioka saja cukup.
komposisi terserah owner.
terigu, kurang disaranin.


Pur Wanto,,,,cara menghilangkan bau tepung dengan cara mengurangi jumlah tepung tentunya.
atau bisa di beri tambahan tepung sari daging untuk meningkatkan aroma daging...tepung daging ini bisa jg utk kuah bakso,,,,bisa order di bengkel bakso


rumah mode adinda,,,,,iya kami jual tepung dengan merek TIJAR. silahkan klik cara ordeer.

robit tornado, tepung sagu bisa di pakai,,,kering bisa,,,padat juga bisa.




terimakasih

Febriadi said...

pak, mau tanya, kemarin sempet ikut sama penjual bakso solo. dia bilang bisa bikin bakso kress. padahal bahan cuma leja leja, tepung aren, bumbu biasa telur, dan daging aja. nah rasanya emang kress tapi sering terjadi kendala seperti bakso nya terlalu lembek. nah pertanyaan saya, apa mungkin bisa bikin bakso kres cuma dengan bahan seperti itu?

Nurulindahpurwaningsih said...

Biar bakso kress dan enak gimana ya pak?sy jual bakso harga 10.000 permangkok.Takaran yang saya pakai 1 kg daging 1/2 kg tapioka tapi kok ngak bs enak kres ya pak?apa ada rahasia tepung lain biar krees ya pak karena bakso saya hanya kenyal biasa?mohon di balas terimakasih

Heru Setiawan said...

Asw maaf sebelumnya klw tuk baso sebaiknya pake tepung sagu.atau sagu tani atau sagu aren. Terus klw d tambah pake terigu akan lebih bagus atau tidak

Jefry Dila said...

apa perbedaanya hasil tepung kanji dan sugu untuk pentol kalow tidak di kombinasi