MIE AYAM DAN PERUT KEMBUNG

Hasil gambar untuk gambar perut kembung
sumber foto:
 roeman-art.blogspot.com
MIE AYAM DAN PERUT KEMBUNG kok bisa?
Saya dan anak-anak saya termasuk penggemar makanan dari mie, entah itu mie ayam, mie godok, indomie, mie goreng campur bihun, mie jawa atau mie bandung.

Saking favoritnya, anak saya kalau berangkat sekolah dibawain bekal mie sama mamanya, akan pamer ke teman temannya : nih aku bawa bekal paling enak, mie kata anakku. hehe
Ada satu hal yang selalu ku ingat, setiap aku mampir jajan ke warung mie ayam, esok paginya perutku pasti kembung, buang angin terus menerus. Dulu hal ini tidak pernah ku jadikan masalah, karena bila kita sudah BAB (buang air besar), masalah kembung itu sudah selesai.
Semalam aku mampir ke warung mie ayam lagi, kali ini ku pilih yang model mie bandung, jajan mie memang nikmat hehe. Esuk paginya hal yang sama kualami, perut kembung dan ketika aku BAB, masalah kembung sudah selesai. Tetapi mungkin reaksinya akan berbeda untuk orang lain.
Kali ini, masalah perutku yang kembung sedikit mengganggu pikiran,
karena aku kenal baik sama penjual mie langgananku tersebut, dia juga produsen mie yang cukup besar, karena menjual mie ke pedagang mie yang lain, sehari produksi bisa 6-7 karung gandum habis diproduksi. Beliau ini juga sering sharing denganku masalah bahan bahan yang dia gunakan.
Dari hasil sharing ini, aku mulai mengotak atik, sebenarnya apa yang bikin perutku kembung?
Mie dibuat dari bahan utama gandum + air + Telur + bahan Tambahan (soda kie p + soda kie s)
Aku coba membuat analisa pribadi, pembaca jangan menganggap ini hasil penelitian, karena ini cuma analisa pribadiku hehe 
Siapa biang kerok yang membuat perutku kembung?
coba ku buat ramalan (kayak dukun hehe)
1. Gandum, Bahan ini akan rasanya tidak membuat kembung karena termasuk karbohidrat.
2. Air, bahan ini juga kurasa bukan penyebab kembung.
3. Telur, bahan ini kurasa juga bukan kembung.
4. Soda kie S (Sodium karbonat) Na2CO3 dan Soda kie P (Potasium Karbonat) atau K2CO3, Nah aku curiga nih sama kedua bahan ini, karena mereka ada unsur CO3 yang sewaktu waktu bisa berubah menjadi gas CO2, gas CO2 inilah biang kerok yang bikin perutku kembung. (Curiga dan kesel sama bahan ini, karena cinta berat sama makanan mie, tapi perut kembung karena kena gas ..hehe).
Sebenarnya apa fungsi kedua bahan di atas dalam pembuatan mie?
kata temanku yang jago buat mie tadi dia tidak tahu fungsinya, bahkan dia juga nggak tahu itu bahan apa hehe, dia memakai cuma ikut ikut.

Terbersit dalam pikiranku untuk membuat mie sendiri yang tidak membuat perutku kembung, nah mulai ngotak atik nih (bersambung)

ditulis oleh : p. gun
www.bengkelbakso.com


BACA ARTIKEL LAIN :
  1. MACAM MACAM PENGENYAL MIE
  2. RAHASIA BAKSO TIDAK ENAK DIMAKAN KETIKA DINGIN.
  3. BAKSO BISA KRANCI
  4. BAKSO BIAR KRESS
  5. BAKSO DAN MAGIC
  6. APA ITU FIBRISOL
  7. BAKSO ENAK DI SURABAYA
  8. MACAM MACAM PENGENYAL BAKSO
  9. CASING SOSIS
  10. TIPS MEMBUAT BAKSO

Comments

Leandro M said…
Salam Pak Gun..
Sedikit menambahkan kebetulan saya juga pembuat dan memiliki usaha kedai mie di solo.
Soda kie P dan S adalah termasuk kategori garam alkali, fungsi kedua bahan ini adalah sebagai pengenyal dan pengawet mi, bahan ini diperbolehkan pemerintah asalkan yang food grade dan kandungan maksimal yang diperbolehkan adalah 1%. sebenarnya tanpa kedua bahan tersebut mie tetap dapat dibuat hanya saja tidak sekenyal dan tahan lama seperti menggunakan soda kie.
Cara membedakan mie yang menggunakan soda kie sangatlah mudah, pertama dilihat dari warna biasanya warna mie yang menggunakan soda kie lebih gelap cenderung kehitaman atau kuning cerah seperti mie basah, kedua dari aroma ketika disajikan mie jangan langsung diaduk coba cium aromanya lebih dahulu, jika menggunakan soda kie maka akan tercium aroma menyengat.
Informasi ini saya dapat dan pelajari sewaktu saya kursus membuat mie di B**ASARI.
Untuk mencoba mie tanpa soda kie bapak bisa mampir ketempat saya di kedai mi Kribo daerah dawung - solo.
semoga bermanfaat untuk anda semua. thanks
bengkel bakso said…
Salam kenal untuk mas leandro (kedai mi Kribo), dan terimakasih sudah ikut kasih sharing pengetahuan yang sangat bermanfaat bagi kami para pecinta makanan mie, kapan kapan saya akan meluncur ke dawung, untuk mencicipi mie Kribo, trims
www.bengkelbakso.com

Popular Posts