SELUK BELUK BISNIS BAKSO

Untuk berhasil dalam bisnis bakso kita memang harus memahami SELUK BELUK BISNIS BAKSO. Pertimbangkan tiga hal berikut:
1. Penguasaan dapur produksi.
Bila anda seorang yang awam tentang pembuatan bakso, maka bila anda akan terjun menekuni bisnis bakso bakso,
pilihannya adalah membeli franchise. tetapi  kelemahan dari sistem franchise ini adalah posisi anda menjadi sangat tergantung dengan pemilik franchisnya.
Jika anda sudah menguasai dapur produksi dengan baik, bisa membuat produk bakso yang layak untuk di pasarkan, hal ini sudah menjadi modal yang sangat bagus. tinggal kita memikirkan 2 hal, yaitu: ijin usaha dan strategi penjualan. 
tentunya tidak mudah untuk memenuhi persyaratan ijin usaha dan strategi market tersebut. Butuh biaya dan kesabaran.

2. Pengurusan ijin usaha.
Pengurusan ijin ijin seperti : npwp, siup, situ, Sertifikat halal, dan Pirt, sebenarnya cukup memberatkan pengusaha kecil. Apalagi pengusaha pemula yang baru memulai usaha. Hal yang jelas jelas memberatkan adalah mahalnya biaya dan kerumitan prosedur. Semoga pemerintah bisa membuatnya jadi lebih murah dan prosedurnya tidak njlimet.

3. Strategi penjualan.
Strategi penjualan ini masing masing pengusaha akan berbeda-beda. Ada yang membuka warung bakso kaki lima, kedai bakso, restoran bakso, bakso motor atau yang dikenal dengan baktor, mobil bakso, bahkan gerobak dorong, ada juga bakso curah.
Banyak pilihan strategi yang bisa dijalankan untuk menjual produk bakso tersebut. yang penting kegigihan dan keuletanlah yang akan membuat perbedaan.

Begitulah seluk beluk bisnis bakso, semoga tulisan di atas bermanfaat bagi pembaca.

ditulis oleh:
www.bengkelbakso.com      

Artikel terkait:


Comments

Popular Posts